300 Orang Atlet Kota Bandung Ikuti Tes Psikologi 

BANDUNG,- Sebanyak 300 orang atlet Pekan Olahraga Daerah (Porda) Kota Bandung mengikuti tes Psikologi bagi atlet yang sudah melakukan babak kualifikasi Porda, yang berlangsung di Sekretariat KONI Kota Bandung, GOR Bandung, Jln Jakarta Bandung, Sabtu (2/12/2017).
“Pemeriksaan Psikologi merupakan solusi yang baik untuk menemukan permasalahan ataupun kendala-kendala yang akan dihadapi agar keterbatasan tersebut dapat dilakukan intervensi psikologis sehingga akan menghasilkan performa maksimal (peak performance) pada saat pelaksanaan Porda nanti,” ungkap ketua pelaksana kegiatan Andi Mulyadi.
Untuk tes psikologi ini, sebanyak 300 atlet yang sudah melakukan babak kualifikasi dibagi dua pelaksanaan pagi dan siang. Sementara itu,  bagi yang belum melakukan babak kualifikasi, akan kembali melakukan test psikologi sekitar bulan febuari 2018.
“Untuk tahap pertama ini ada sekitar 300 atlet yang dibagi dua pagi dan sore, nanti tahap kedua akan dilakukan pada bulan Febuari mengingat masih ada beberapa cabor yang belum melakukan babak kualifikasi,” katanya.
Andi menjelaskan tujuan diadakannya tes psikologi ini,  untuk mengetahui kondisi psikologis atlet dengan melakukan intervensi psikologis terhadap aspek psikologis yang kurang sesuai dengan yang diharapkan oleh pelatih atau cabor tersebut.
“Adapun aspek psikologis yang digali dari pemeriksaan psikologis ini, intelejensi, daya tangkap, stabilitas Emosi, toleransi terhadap stress, kemandirian, kepercayaan diri, minat Sosial, penyesuaian diri, motivasi, kerjasama dan kekompakan tim,” paparnya.
Selain itu, kegiatan pemeriksaan psikologi tersedia layanan konseling dengan melibatkan program KEKASIH JUARA di lokasi kegiatan yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Bandung serta Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Jawa Barat. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang proses konseling dan membiasakan atlet untuk dapat berbagi informasi (sharing) dengan konselor psikolog. (B1)