37 Medali Emas Diperebutkan Cabor Wushu di Porda Jabar XIII

BANDUNG,- Cabang olahraga Wushu dipastikan akan dipertandingkan pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar XIII tahun 2018 di Kabupaten Bogor. Cabang olahraga wushu sendiri akan memperebutkan sebanyak 37 medali emas.
‎Ketua Umum Pengurus Provinsi Wushu Indonesia (Pengprov WI) Jawa Barat, Edwin Sendjaya menuturkan, kepastian dipertandingkannya Wushu di Porda Jabar XIII dengan 37 nomor yang dipertandingan berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan KONI Jabar, Pengprov WI Jabar dan tuan rumah Kabupaten Bogor. Jumlah medali emas yang diperebutkan pun bertambah sebanyak enam medali emas atau enam nomor pertandingan dibandingkan pelaksanaan pertandingan pada Porda Jabar XII di Kabupaten Bekasi tahun 2014 lalu.
“Kita sangat bersyukur jumlah medali emas yang diperebutkan di Porda Jabar XIII ini bertambah setelah di Porda sebelumnya hanya 31 medali emas dan sekarang 37 medali emas.‎ Ini karena ada beberapa nomor yang disatukan dan memperebutkan satu medali emas, sedangkan di Porda Jabar XIII nanti one number one gold,” ujar Edwin saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Senin (17/4/2017).
Keputusan tersebut, lanjut Edwin, sudah disampaikan kepada setiap pengcab WI Kota dan Kabupaten pada saat gelaran Rakerprov Wushu Indonesia Jabar di Hotel De Rain, Jalan Lengkong Kecil Kota Bandung pada Sabtu (15/4/2017) kemarin. Rakerprov Wushu Indonesia Jabar sendiri diikuti oleh 18 pengcab WI Kota/Kabupaten dari total 23 pengcab WI Kota/Kabupaten di Jabar.
‎”Rakerprov sendiri memutuskan kalau babak kualifikasi Porda Jabar XIII sendiri akan digelar di Kabupaten Bogor pada akhir tahun ini. Babak kualifikasi sendiri sebagai bagian tes even bagi pelaksanaan Porda Jabar XIII,” terangnya.
Sedangkan untuk pembatasan usia atlet di Porda Jabar XIII, pihaknya belum bisa mengambil keputusan. Hal ini seiring dengan belum ditetapkannya pembatasan usia atlet untuk PON XX oleh Pengurus Besar (PB) Wushu Indonesia.
“Rencananya, pembahasan terkait pembatasan usia di PON XX sendiri akan dilakukan saat pelaksanaan Munas WI sekaligus pemilihan Ketua Umum PB WI. Dan kita dari Jabar, sudah sepakat untuk mendukung Airlangga Hartanto sebagai Ketua Umum PB WI,” tegasnya. (B7)