Asma Bara Pengalaman Berharga Tampil di Tokyo Marathon

 

BANDUNG, – TAMPIL di Tokyo Marathon yang berlangsung tanggal 26 Februari lalu merupakan sebuah pengalaman yang sangat berharga bagi atlet atletik Jawa Barat, Asma Bara (24). Untuk pertama kalinya, atlet asal Garut ini, bisa ikut serta pada kejuaraan dunia tersebut.

Meski gagal berada di barisan depan, pengalaman ini menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi peraih medali perak di PON XIX/2016 tersebut. pasalnya, tidak semua atlet memiliki kesempatan untuk bisa ikut serta pada kejuaraan tersebut.

“Alhamdulillah pengalaman ikut Tokyo Marathon kemarin sangat berkesan. Cuaca juga sangat bersahabat, tetapi tantangannya ada di angin yang berhembus bukan dari belakang tetapi dari depan, sehingga menjadi hambatan karena badan saya kecil,”ujarnya.

Asma Bara yang saat ini sedang fokus di tim Pelatnas SEA Games XXIX/2017 Malaysia ini menuturkan, meski baru pertama kali tampil di Tokyo Marathon. Dirinya banyak menimba ilmu, khususnya dari atlet-atlet marathon mancanegara.

“Mungkin belum terbiasa, di Tokyo kemarin statrt dari gate empat jadi sempat kehambat sama runner di tengah-tengah. Tahun sebelumnya juga sempat ikut di Seoul Marathon, dan ini menjadi bisa disebut sebagai pemanasan sebelum SEA Games,”ujarnya.

Disinggung mengenai peluang nya di SEA Gamses nanti, Asma Bara mengaku akan tampil maksimal untuk bisa mencapai hasil terbaik bagi Indonesia. SEA Games Malaysia ini juga menjadi penampilan pertamanya di ajang olah raga multieven internasional.

“Kebetulan pelatih saya I Gede Karang Asem juga dipanggil di Pelatnas, jadi sama-sama bisa mendampingi dan ngasih perhatian ke saya. Bisa ikut di Pelatnas menjadi kebanggaan tersendiri sekaligus tanggung jawab pribadi,”ucapnya.

Saat ini Asma Bara masih berlatih dalam tahap persiapan umum untuk meningkatkan daya tahan, baru pada bulan Mei mendatang para atlet atletik di Pelatnas ini akan memasuki tahap khusus selama satu bulan penuh.

“Target mudah-mudahan bisa meraih medali, melihat data dan hasil latihan, pelatih bilang bisa bersaing. Di SEA Games nanti akan ikut di marathon 42 kilometer bersama Agus Prayogo,”katanya.

Disinggung mengenai rekannya Agus Prayogo, Asma Bara menuturkan Agus merupakan rekan yang solid khusunya untuk bisa meraih medali emas bagi Indonesia. “Kita saling memotivasi satu sama lain, karena sama-sama berjuang untuk Indonesia. kalau untuk pesaing kuat sih ada dari Singapura dan Vietnam,”tuturnya. (B5)