Atlet PON Asal Kabupaten Bandung Barat Dapat Kadeudeuh

NGAMPRAH , – Atlet asal Kabupaten Bandung Barat merasa lega, setelah Bupati Bandung Barat Abubakar menyerahkan bonus bagi para atlet peraih medali pada ajang Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX Jawa Barat, yang berlangsung di Ballroom Gedung C Perkantoran Pemkab Bandung Barat, Ngamprah, Selasa (4/4/2017).
Total bonus yang digelontorkan Pemkab Bandung Barat untuk seluruh atlet sebesar Rp 3 miliar. Pemberian bonus  bagi para atlet merupakan salah satu bentuk penghargaan dari Pemkab Bandung Barat bagi para atlet. Penghargaan seperti itu akan kembali diberikan kepada para atlet yang meraih medali dalam ajang olahraga yang lebih tinggi lagi, yakni SEA Games.
“Penghargaan ini tentu bukan untuk pertama dan terakhir, dalam waktu dekat kita akan menghadapi SEA games. Kita sudah ada atlet setingkat nasional dan daerah, paling tidak kita bisa mempertahankan untuk empat besar yang biasa dicapai dalam ajang Porda yang akan dihadapi,” ungkap Abubakar.
Abubakar mengatakan, selain bonus intensif, para atlet yang meraih medali juga diberikan kesempatan untuk bekerja sebagai Tenaga Kerja Kontrak (TKK) diberbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Hal itu sebagai salah satu cara Pemkab untuk mempertahankan para atlet agar mau tetap mengabdi di Kabupaten Bandung Barat.
“Kalau ada atlet yang mau pindah merupakan suatu hal wajar jika pilihannya untuk menentukan yang terbaik, Pemkab berupaya sebisa mungkin untuk mempertahankan para atlet agar tidak tergiur jika ada tawaran dari daerah lain,” jelasnya.
Sementara itu, Ketua Koni KBB Elin Suharliah Abubakar menuturkan, jelang persiapan menghadapi Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2018, pihaknya sebelumnya akan melakukan verifikasi usia kepada para atlet dari setiap cabang olahraga yang dipertandingkan, untuk mengantisipasi bila Porda nanti ada batasan usia.
“Kami akan menyediakan peralatan tambahan sebagai fasilitas  latihan bagi para atlet,” tegasnya.
Elin berharap, dengan dipisahkan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) dengan Dinas Kependidikan, untuk pembinaan para atlet bisa lebih optimal. Pasalnya, anggaran pembinaan bagi para atlet selama ini sebagian besarnya masih mengandalkan dari APBD.
“Bantuan dana masih kita harapkan karena kalau bantuan dari luar kita belum ada,” ujarnya.
Dari 16 Pelatih dan 41 atlet pada ajang PON, perolehan total medali masing-masing, diantaranya 69 emas, 90 perak dan 20 perunggu. Bagi peraih medali emas dalam ajang PON  meraih uang sebesar Rp 30 juta, perak Rp 25 juta, dan Perunggu Rp 22 juta.(B.1)