Barongsai Berharap Bisa Tampil di Porda 2018

BANDUNG, – Wakil Ketua Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Jawa Barat, Arifin Himawan berharap cabang olahraga Barongsai bisa dipertandingkan pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2018 nanti, yang rencananya digelar di Kabupaten Bogor.

Cabor Barongsai sendiri kata Arifin sudah cukup siap jika dipertandingkan pada Porda 2018 nanti. Apalagi masih ada waktu untuk persiapan menuju Porda nanti.

“Info yang saya dapat memang cabor Barongsai belum dipertandingkan di Porda nanti, tapi saya berharap sudah bisa dipertandingkan mengingat PON XX 2020 di Papua. Waktu PON kemarin baru eksibisi yang diadakan di Kota Bogor,” ujar Arifin saat dihubungi Kamis (6/4/2017).

Saat ini FOBI Jabar kata Arifin sedang membangun kepengurusan di tingkat Kota dan Kabupaten, selanjutnya berdasarkan rapat pengurus akan diadakan kejuaraan daerah tetapi masih dalam penggodokan pengurus Jabar. “Lewat Kejurda tersebut akan dipilih yang terbaik untuk bisa mengikuti Kejurnas tahun ini,” jelas Arifin.

Diharapkan Arifin sebelum akhir tahun ini sudah terbentuk kepengurusan di berbagai daerah, terutama daerah yang sudah memiliki atletnya termasuk sasananya, yang akan diprioritaskan.

“Saat ini sedang berjalan dan menunggu beberapa daerah mengirimkan kepengurusannya minimal daerah yang sudah ada grup atau sasananya. Itu yang menjadi prioritas, seperti Bekasi, Sukabumi, dan daerah lainnya,” ujar Arifin.

Adapun beberapa daerah yang sudah memiliki atlet dan sasananya, selain Bekasi dan Sukabumi, yakni Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Cianjur, Kerawang, Cirebon, Tasikmalaya, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung.(B4)