Catur Mempertandingkan 22 Nomor di PORDA XIII/2018

BANDUNG,- Cabang olahraga catur di Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII/2018 di Kabupaten Bogor akan mempertandingkan 22 nomor, setelah di kaji tim verifikasi KONI Jawa Barat (Jabar) melalui pembahasan secara mendalam antara Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Jabar dan KONI Jabar.
“Alhamdulillah telah selesai kajiannya dan telah diputuskan Cabor catur di Porda 2018 sudah dipastikan akan mempertandingkan 22 nomor,” ungkap sekertaris Pengprov Percasi JAbar, Dicki Irvan Firmansyah, saat ditemui di KONI Jabar, Jln Pajajaran Bandung.
Dicki mengatakan, Pengprov Percasi Jabar sangat mengapresiasi verifikasi nomor yang dilakukan KONI Jabar karena Porda harus menjadi bagian dari pembinaan prestasi menuju tingkat nasional di PON 2022 sekaligus internasional pada ajang Asian Games, SEA Games sampai Olimpiade.
“Porda ini merupakan tempat untuk melakukan pembinaan catur, yang mana dari Porda inilah atlet catur dibina hingga bisa meraih prestasi kedepannya,” paparnya.
Dicky mengatakan nomor pada porda 2018 di Kabupaten Bogor sedikit lebih banyak dibanding Porda 2012 Kabupaten Bekasi dan PON 2016 Jawa Barat. Ada penambahan 7 nomor yaitu nomor 4 internasional untuk putra dan 3 nomor international untuk putri.
“Nomor pertandingan lebih banyak dibandingkan dengan Porda sebelumnya bahkan di PON juga tidak mencapai 22 nomor,” jelasnya.
Nomor internasional ini ditambahkan karena untuk menunjang atlet-atlet catur Jabar pada olimpiade catur, dimana hampir 50 persen atlet catur indonesia  untuk olimpiade selama 12 tahun ini diisi atlet catur asal Jabar.
“Setiap tahun pecatur Jabar selalu tampil di event internasional, oleh karena itu,  nomor internasional diadakan di Porda,” tuturnya.
Dengan banyaknya nomor di Porda XIII/2018 ini pihaknya berharap akan kembali bermunculan atlet-atlet handal catur asal Jabar.(B1)