Dibatasi Usia, PDBI Kota Bandung Akan Gelar Seleksi Ulang

BANDUNG,- Sudah dipastikan akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII di Kabupaten Bogor, 2018 nanti, Persatuan Drum Band Indonesia Kota Bandung segera lakukan seleksi ulang tim bayangan Porda.

Sekretaris Umum PDBI Kota Bandung, Sumasna Setiawan mengaku pihaknya sangat senang karena akhirnya cabor drum band jadi dipertandingkan di Porda. Setelah mendapatkan kepastian itu, kata dia, PDBI Kota Bandung pun akan semakin gencar melakukan persiapan.
“Akhirnya drum band jadi dipertandingkan di Porda. Rencananya BK drum band akan digelar pada November nanti. Di Porda nanti akan memperebutkan lima medali emas. Diantaranya Lomba Baris Jarak Pendek (LBJP), Lomba Baris-berbaris (LBB), Lomba Unjuk Gelar (LUG) dan Lomba Ketahanan dan Ketetapan Berbaris (LKKB),” ujar pria yang karib disapa Eki ini.
Mengenai kesiapan PDBI Kota Bandung, Eki menyebutkan adanya pembatasan usia 19 tahun yang diterapkan PB Porda membuat pihaknya harus melakukan seleksi ulang tim bayangan. Diakuinya, PDBI Kota Bandung sebenarnya sudah melakukan seleksi pada Februari lalu. Bahkan dalam beberapa bulan ini tim bayangan PDBI Kota Bandung sudah menjalani latihan di Stadion Sidolig. Hanya sayangnya, ujar Eki, atlet drum band yang disiapkannya itu rata-rata berusia 20 hingga 23 tahun. Oleh sebab, itulah Eki mengatakan rencananya akhir Mei nanti pihaknya akan melakukan seleksi ulang.
“Pembatasan usia 19 tahun ini membuat kita harus melakukan seleksi ulang. Karena sebelumnya kita justru mempersiapkan atlet yang berusia 20 hingga 23 tahun. Rencananya sekitar akhir Mei nanti kita akan menggelar seleksi,” sebut Eki.
Meski begitu, Eki mengaku pihaknya tak khawatir akan kesulitan mencari atlet. Menurutnya, Kota Bandung memiliki tim lapis kedua drum band yang dihuni atlet-atlet berusia under 19 (U-19). Selain itu, kata dia, di Kota Bandung sendiri tak sedikit sekolah-sekolah yang memiliki drum band sebagai ekskul dan ada juga sejumlah klub drum band.
“Walaupun nantikan agak berat melatihnya, karena selama ini kita justru membina atlet berumur 20-23 tahun. Tapi saya tetap optimis tim PDBI Kota Bandung bisa meraih emas di Porda. Malah kalau bisa kita cetak hattrick, tiga kali berturut-turut menjadi juara umum cabor drum band di Porda. Setelah pada 2010,2014 kita jadi juara umum, kita targetkan lagi jadi juara umum di Porda 2018 nanti,” tegas Eki. (B6)