FHI Berharap Hoki Tetap Dipertandingkan di Porda XIII

BANDUNG,- Federasi Hoki Indonesia (FHI) berharap olahraga hoki akan tetap dipertandingkan di Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII Jabar di Kab.Bogor pada 2018 nanti. Jika hoki tak dipertandingkan di Porda, FHI menilai satu periode pembinaan yang sudah dilakukannya pun akan hilang.
Ketua Umum FHI Jabar, Erwin Kustyawati mengatakan saat ini pihaknya memang belum melakukan rapat bersama pengcab-pengcab untuk menentukan kapan babak kualifikasi akan digelar. Namun, dia menyebutkan jika saat ini pengcab-pengcab hoki diberbagai daerah tengah melakukan persiapan untuk menghadapi Porda nanti.
“Untuk persiapan Porda 2018 nanti saat ini setiap pengcab hoki tengah melakukan persiapan di daerahnya masing-masing. Karena berita awal yang disampaikan Ketua KONI Jabar, Ahmad Saefudin mengatakan kalau ada 52 cabor yang akan dipertandingkan di Porda, termasuk Hoki. Oleh sebab itulah pengcab-pengcab tetap melakukan persiapan meskipun saat ini belum ada kepastiannya,” kata Erwin.
Erwin mengatakan agar bisa tetap dipertandingkan di Porda, pihaknya pun sudah mengirimkan surat kepada Dians Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kab.Bogor yang isinya meminta agar hoki tetap dipertandingkan. Sebab, hoki merupakan salah satu cabor potensial penyumbang emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat lalu.
“Porda ini sangat penting bagi kami. Di PON lalu hampir 60 persen atletnya merupakan mereka yang turun di Porda 2014 di Bekasi. Jadi sumbangsih Porda terhadap pembinaan atlet, khususnya untuk PON 2020 nanti cukup besar. Kalau hoki tidak dipertandingkan di Porda berarti satu periode pembinaan akan hilang,” bebernya.
Erwin mengaku saat ini pihaknya sedang menunggu keputusan resmi dari tuan rumah mengenai dipertandingkannya cabor hoki. Erwin pun percaya jika Ketua KONI akan tetap memfasilitasi dan berupaya agar hoki bisa dipertandingkan. Sebab jika tidak jadi dipertandingkan sangat disayangkan pembinaan yang sudah dilakukan pengcab-pengcab. Menurutnya saat ini sudah ada 18 pengcab yang mulai melakukan persiapan menghadapi Porda nanti.
“Insya Allah saya masih percaya dan yakin Ketua KONI akan tetap memfasilitasi agar hoki tetap dipertandingkan. Kasian pembinaan yang sudah dilakukan daerah. Setidaknya saat ini sudah ada 18 pengcab yang menyatakan kesiapannya untuk turun di Porda,” tegasnya.(B6)