FORKI Jabar Siapkan Empat Lapisan Atlet Karate

BANDUNG, – Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Olahraga Karate Indonesia (FORKI) Jawa Barat akan menyiapkan atlet sebanyak empat lapisan. Mulai dari usia dini, pemula dan kadet, junior dan u21, serta kategori senior atau atlet pelatda‎.
Ketua Umum Pengprov FORKI Jabar, Gianto Hartono menuturkan, menciptakan seorang atlet karate ‎hingga menjadi juara tidak cukup dalam waktu dua atau tiga tahun. Karena alasan itu, pihaknya pun menyiapkan empat lapisan usia bagi atlet karate Jabar yang akan dibina.
“Kita harus realistis saja. Atlet-atlet yang memang sudah menjadi juara di setiap kategori usia itu harus kita berikan prioritas. Kita fokuskan pembinaan kepada atlet tersebut sehingga nanti akan lahir atlet karate unggulan di setiap kelompok tingkatan usia,” ujar Gianto saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Senin (3/4/2017).
Empat lapisan atlet‎ tersebut pun akan jadi fokus dari program pembinaan yang dilakukan FORKI Jabar. Dan untuk pembinaan tersebut, pihaknya pun akan menerapkan Information Technology (IT).
“Saat ini kita sudah punya (GOR) Sasakawa yang akan menjadi pusat latihan. Tak hanya dari atlet, kita pun akan siapkan lapisan mulai dari pelatih hingga wasit. Dan atlet ini nanti akan dipegang oleh pelatih-pelatih yang juga sudah diseleksi oleh kota kabupaten dan perguruan,” terangnya.
‎Gianto yang akrab disapa Ogi ini pun tidak memungkiri jika saat ini masih banyak wasit yang kurang berkualitas. Untuk itu, kedepan kita akan melakukan pengaturan terbaik sehingga perwasitan di level tertentu sudah melalui proses training dan perekrutan yang ada. Baik di perguruan maupun di kota kabupaten.
“Selain itu, semua perguruan dan kota kabupaten pun harus mulai memikirkan orang-orang yang ingin melakukan olahraga karate hanya untuk beladiri, olahraga atau membangun komunikasi pertemanan. Kita harus lebih terbuka, jangan hanya memikirkan unsur prestasi untuk lebih mengembangkan olahraga karate,” tegasnya.  (B3)