FPTI Jabar Kirimkan 9 Atlet ke Kejurnas Panjat Tebing Kelompok Umur di Sawah Lunto

BANDUNG, – Sebanyak sembilan atlet panjat tebing kelompok umur dikirim Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jawa Barat menuju Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing Kelompok Umur tahun 2017 yang digelar di Sawah Lunto, Sumatera Barat, 22-29 Agustus 2017. Kesembilan atlet tersebut berdasarkan hasil seleksi pada Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Jabar Panjat Tebing Kelompok Umur yang digelar pada 27-29 Juli 2017 lalu.

Ketua Umum Pengprov FPTI Jabar, Insan Budiman mengaku persiapan menghadapi kejurnas kali ini cukup mepet. Pasalnya, pihaknya baru mendapat pemberitahuan dari PB FPTI terkait kepastian waktu pelaksanaan pada dua pekan sebelum pelaksanaan.

“Meski demikian, kami yakin setiap atlet sudah mendapat pelatihan dan mempersiapkan diri di kota dan kabupaten masing-masing. Kita pun berharap bisa melampaui hasil kejurnas tahun sebelumnya pada kejurnas kali ini,” ujar Insan saat ditemui di sekretariat Pengprov FPTI Jabar, Jalan Ambon Kota Bandung, Selasa (22/8/2017).

Manager Tim Panjat Tebing Junior Jabar, Agus Kurnia menambahkan, sembilan atlet yang diboyong ke kejurnas tersebut terdiri dari enam atlet putra dan tiga atlet putri. Mereka akan berlaga di empat kelompok umur yakni kelompok Youth C usia 12-13 tahun, kelompok Youth B usia 14-15 tahun, Youth A usia 16-17 tahun, dan kelompok junior usia 17-22 tahun.

“Kita akan turun di nomor perorangan lead, boulder, speed classic dan speed world record di masing-masing kelompok usia. Mudah-mudahan bisa membawa nama baik Jabar di tingkat nasional,” terang Agus.

Untuk target, Agus berharap para atlet bisa tampil maksimal dan memperbaiki hasil raihan di kejurnas yang sama tahun sebelumnya yang digelar di Bangka Belitung. Pada Kejurnas Panjat Tebing Kelompok Umur tahun 2016 di Bangka Belitung, Jabar hanya mampu meraih satu medali emas dari nomor lead perorangan youth putri.

“Untuk kejurnas tahun ini, semoga bisa meraih dua medali emas dan kita berharap dari nomor boulder perorangan putra dan lead perorangan putra di kelompok usia Youth A. kalau untuk pesaing masih dari Jatim, Kaltim, dan DKI Jakarta,” tegasnya. (B3)