FPTI Minta Batas Usia Atlet Panjat Tebing di Porda Jabar XIII Antara 14-22 Tahun

BANDUNG,- Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jawa Barat meminta ketentuan batasan usia atlet di cabang olahraga Panjat Tebing pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar XIII/2018 untuk segera ditetapkan. Saat ini, ketentuan batasan usia atlet cabang olahraga Panjat Tebing masih dalam kajian PB Porda Jabar XIII Kabupaten Bogor dan KONI Jabar.

Ketua Umum Pengprov FPTI Jabar, Insan Budiman menuturkan, pihaknya sudah mengajukan batasan usia atlet Panjat Tebing yang bisa tampil di ajang Porda Jabar XIII tahun 2018 di Kabupaten Bogor. Batasan usia atlet tersebut yakni mulai dari 14 tahun hingga 22 tahun.

“Ketentuan batas usia itu sudah berdasarkan perhitungan dari kita dengan melihat kepentingan untuk PON XX pada tahun 2020 nanti. Saya ingin Porda Jabar ini bisa melahirkan atlet baru serta mendorong setiap pengcab FPTI kota dan kabupaten untuk melakukan pembinaan atlet. Dan hasil dari Porda Jabar XIII ini, akan kita bina untuk PON XX dan saat tahun 2020 nanti mereka sudah di usia matang yakni 24 tahun,” ujar Insan saat ditemui di sekretariat Pengprov FPTI Jabar, Jalan Ambon Kota Bandung, Selasa (29/8/2017).

Jika pada batasan usia atlet pada Porda Jabar XIII dilepas begitu saja atau dibebaskan, lanjut Insan, pihaknya justru khawatir proses pembinaan atlet yang dilakukan pengcab FPTI kota/kabupaten tidak berjalan dan berkembang. Pasalnya, akan terjadi ketimpangan persaingan diantara atlet yang berlaga di Porda Jabar XIII.

“Kalau tidak dibatasi, bisa saja atlet-atlet senior ikut bertanding lagi dan ini justru tidak baik bagi pembinaan. Kalau tidak ada batasan usia atlet, kita sudah tahu dan bisa menebak, siapa yang jadi juaranya di Porda Jabar XIII cabang olahraga Panjat Tebing,” tuturnya.

Untuk itu, Insan berharap, pihak PB Porda Jabar XIII Kabupaten Bogor dan KONI Jabar bisa secepatnya mengambil keputusan terkait batasan usia atlet di cabang olahraga Panjat Tebing. Terkait nomor yang dipertandingkan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada PB Porda Jabar XIII Kabupaten Bogor dan KONI Jabar. Saat ini, sebanyak 19 nomor sudah dipastikan akan dipertandingkan di cabang olahraga Panjat Tebing pada Porda Jabar XIII/2018.

“Kalau untuk nomor, silakan kalau mau ditambah. Tapi dari batasan usia, kita sudah tetapkan 14-22 tahun. Kita harap pekan ini sudah ada keputusan karena kita akan menggelar babak kualifikasi yang rencananya pada bulan November 2017,” tegasnya. (B3)