Jabar Raih Emas Kejuaraan Nasional Menembak di Jakarta

BANDUNG,- Tim Jawa Barat mengakhiri partisipasinya pada Kejuaraan Nasional Menembak Jakarta dalam rangka HUT Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) ke-34 di lapangan tembak Perbakin Senayan, Jakarta dengan tambahan dua medali emas.  Anang Yulianto menjadi pemborong dua emas pamungkas bagi Jawa Barat setelah menjadi yang terbaik pada final nomor standar pistol 25 meter dan center fire pistol, Minggu (1/10/2017).
Tambahan dua medali emas membuat Jabar mengoleksi total empat medali emas pada kejuaraan tersebut. Keempat medali diraih dari para petembak senior. Sebelumnya, dua emas dipersembahkan Iwan Setiawan dari nomor air rifle 50 meter senior putra dan Zaitun yang menjuarai nomor air pistol senior putri.
Selain empat medali emas, Jabar juga membawa pulang satu medali perak dan tiga medali perunggu dari kejuaraan yang berlangsung sejak Minggu (24/9/2017) itu.
Pelatih Tim Perbakin Jabar Agus Supartono mengatakan, tujuan utama timnya ikut kejuaraan ini adalah untuk bisa meloloskan atlet-atlet remaja ke PON Remaja di Kalimantan Timur pada 2018. Dari 76 petembak yang dikirim, 60 di antaranya merupakan atlet junior di bawah usia 16 tahun (U-16). Pengutusan mayoritas atlet junior bertujuan untuk memberikan mereka kesempatan dalam mengasah kualitas menjelang digelarnya PON Remaja.
“Tujuan kami ikut kejuaraan ini sebenarnya adalah untuk bisa mengirimkan atlet sebanyak-banyaknya ke PON remaja pada 2018, yakni melalui minimal qualification score pada kejuaraan nasional ini. Hasilnya cukup baik, ada 18 atlet (putra dan putri) yang berhasil lolos ke PON Remaja tahun depan karena memenuhi standar MQS  untuk nomo air rifle men junior, air pistol men junior, dan air pistol women junior,” ujar Agus.
Dia mengatakan, setelah kejuaraan ini, Perbakin Jabar akan kembali mengumpulkan para atlet untuk pembentukan tim yang solid. Bukan hanya guna menghadapi PON Remaja, tim yang terdiri atas petembak junior hingga senior itu juga akan dipersiapkan untuk mengikuti berbagai kejuaraan bergengsi, terutama PON 2020 di Papua.
“Pada kejuaraan ini kami (Perbakin Jabar) hanya sebagai koordinator, sementara persiapan lebih banyak dilakukan atlet di daerahnya masing-masing. Setelah kejuaraan ini, kami akan mengumpulkan atlet agar bisa membangun tim solid sejak persiapan hingga mengikuti berbagai kejuaraan, termasuk untuk kepentingan PON nanti. Mimimal pada awal tahun depan, para atlet sudah dikumpulkan untuk menjalani persiapan menghadapi berbagai kalender agenda menembak,” kata Agus.
Menembak adalah salah satu cabang olah raga andalan Jawa Barat‎ untuk mendulang medali pada banyak kejuaraan. Pada PON XIX/2016 lalu, Jabar menggoreskan sejarah dengan meraih 13 medali emas dan menjadi juara umum cabor menembak. (B4)