Jabar Targetkan  Juara Umum Piala Panglima

BANDUNG,- Jawa Barat siapkan 32 karateka untuk mengikuti Kejuaraan Karate Piala Panglima TNI 2017 dengan menargetkan keluar sebagai juara umum, yang akan berlangsung di Markas BEsar TNI, Cilangkap, Jakarta, mulai Jumat s.d Minggu (22-24/9).
Pada Piala Panglima ini Jawa Barat memasang target untuk meraih gelar juara umum pada kejuaraan skala nasional tersebut.
“Setelah melakukan koordinasi dengan Pak Gianto Hartono (Ketua Umum Forki Jabar), bidang pembinaan prestasi, dan para pelatih senior, kami wajib berangkat dan meraih pencapaian terbaik pada kejuaraan ini dengan bisa meraih gelar juara umum,” ungkap manajer tim JAwa Barat Erick M Zaki Anggara, saat ditemui di Gedung KONI Jawa Barat, Jln Pajajaran, Bandung, Rabu (20/9/2017).
Erick mengatakan, para atlet yang dilibatkan adalah hasil saringan dari sirkuit karate Jawa Barat dan pemusatan latihan sudah digelar sejak Sabtu (9/9/2017) di GOR Sasakawa, Jln Pajajaran. “Kejuaraan ini mempertandingkan dua kategori, yakni TNI  dengan jumlah 16 kelas  dan umum sebanyak 38 kelas. Pada kategori TNI, atlet Pelatda PON Jabar turun semua. Untuk karateka TNI berlatih di kesatuannya masing-masing,” jelasnya.
Kategori umum kejuaraan yang diikuti puluhan perguruan maupun pengprov Forki ini memperebutkan Piala Bergilir Panglima TNI. Pada Kejuaraan Nasional Karate Piala Panglima TNI Ke-4 2016, Forki Jawa Barat menduduki posisi ketiga kategori umum dengan raihan empat emas, tiga perak, dan lima perunggu. Juara umum direbut oleh Perguruan INKAI  yang memperoleh tujuh emas, dua perak, dan tujuh perunggu dari total 31 medali emas yang diperebutkan. Sementara itu peringkat kedua diraih PP KKI, yang mengoleksi enam emas, tiga perak, dan delapan perunggu.
Erick mengatakan, dengan potensi atlet yang sudha menjalani sentralisasi, Forki jabar punya peluang besar untuk bisa mencapai prestasi lebih baik pada kejuaraan tersebut. “Melihat potensi atlet, kami optimistis bisa memperbaiki prestasi pada kejuaraan kali ini. Selain itu, ajang ini juga sangat kompetitif sebagai arena persiapan karateka Jabar menjelang pemusatan latihan nasional Asian Games,” pungkasnya.(B1)