Jabar Tuan Rumah Penataran Pelatih Menembak Asia

CIMAHI, – Jawa Barat menjadi tuan rumah penyelenggara pelatihan dan penataran pelatih menembak Asia lisensi C, yang diadakan oleh Konfederasi Menembak Asia (ASC), di Lapangan Menembak KONI Jabar, Jalan Cisangkan, Cimahi.

Penataran ini diikuti oleh 53 pelatih untuk kategori rifle dan pistol dari seluruh Pengprov Perbakin di Indonesia, serta beberapa dari negara Asia seperti Malaysia dan Korea Selatan. Even ini diadakan pada tanggal 23- 30 April 2017.

“Pelatihan untuk pelatih tingkat Asia lisensi C ini baru pertama kali diadakan di Indonesia. dan kita merasa banagga, karena untuk pertamakalinya pelatihan ini diadakan lengkap mulai lisensi C sampai D, dan juta penataran juri serta wasit untuk skeet and trap atau shot gun,”tutur Wakil Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri PB Perbakin, Selvyana Sofian Hosen, saat ditemui di sela-sela pelatihan, Selasa (25/4/2017).

Dia menuturkan, pelatihan ini juga diadakan salah satunya adalah untuk persiapan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 Papua. Selain itu, PB Perbakin juga sudah menyiapkan pelatih dan atlet yang akan bertanding di SEA Games Malaysia.

“Selain SEA Games, kita juga akan menjadi tuan rumah Asian Games. Dan kebetulan di Asian Games Palembang nanti akan dipertandingkan nomor skeet and trap. Selain dua even itu, kita akan menyiapkan atlet dan pelatih untuk ikut di SEASA dan juga kejuaraan dunia,”katanya.

Selvyana mengatakan, dengan adanya pelatihan tingkat Asia ini kedepannya bisa banyak melahirkan pelatih-pelatih berkualitas di masing-masing Pengprov Perbakin. Dengan demikian , prestasi olah raga menembak di Indonesia bisa kembali bangkit.

“Tentunya progran pelatihan ini bisa mendongkrak kemampuan pelatih untuk meningkatkan prestasi para atletnya lebih tinggi lagi, termasuuk menyiapkan atlet yang mempunyai talenta, karena untuk menjadi atlet memang memerlukan konsentrasi, keseriusan, kemandirian, dan kontinyutas,”ujarnya.

Dia pun sangat mengapresiasi langkah KONI Pusat, KONI Jabar, Pengprov Perbakin Jabar, dan KOI, yang telah mendukung penuh untuk pelaksanaan pelatihan dan penataran ppelatih menembak lisensi C ini.

“Saya lihat peserta pelatihan ini juga banyak dari mantan atlet menembak yang sudah banyak menorehkan prestasi. Dan ini mudah-mudahan menjadi awal untuk peningkatan olah raga menembak di Indonesia,”ucapya. (B5)