Judo Ajukan 30 Nomor Pertandingan untuk Porda Jabar XIII/2018

BANDUNG, – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Jabar sudah mengajukan jumlah nomor yang akan dipertandingkan pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar XIII di Kabupaten Bogor pada tahun 2018 mendatang. Hingga saat ini, pihaknya masih menunggu keputusan Panitia Besar (PB) Porda Jabar XIII/2018 Kabupaten Bogor terkait kepastian nomor yang akan dipertandingkan.
Sekretaris Umum PJSI Jabar, Arnold Silalahi menuturkan, pihaknya sudah mengajukan nomor pertandingan kepada Satuan Tugas (Satgas) PB Porda Jabar XIII/2018 Kabupaten Bogor melalui Pengcab PJSI Kabupaten Bogor. Selain itu, pengajuan nomor pun sudah diajukan saat pelaksanaan verifikasi yang dilakukan KONI Jabar sebagai steering committe (SC) PB Porda Jabar XIII/2018.
“Kita sudah mengajukan sebanyak 30 nomor pertandingan untuk cabang olahraga Judo ‎di Porda Jabar XIII. Jumlah nomor ini bertambah sebanyak delapan nomor dari pelaksanaan Porda Jabar XII di Kabupaten Bekasi tahun 2014 silam dan PON XIX pada September 2016 lalu,” ujar Arnold saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Kamis (27/4/2017).
Arnold menambahkan, penambahan delapan nomor pertandingan di Porda Jabar XIII tersebut lebih ditujukan untuk atlet-atlet junior. Hal ini sesuai dengan keinginan dari setiap pengcab PJSI Kota dan Kabupaten di Jabar.
“Selain itu, saat ini, atlet senior masih mendominasi cabang olahraga Judo di Jabar. Dan dengan tambahan delapan nomor untuk kategori junior tersebut diharapkan akan terjadi pemerataan di setiap daerah sekaligus menyiapkan atlet lapis kedua. Tapi itu baru pengajuan, kita masih menungu keputusan dari PB Porda Jabar XIII dan KONI Jabar,” tuturnya.
‎Untuk Pengcab PJSI Kota dan Kabupaten yang saat ini terdaftar yakni sebanyak 18 kota dan kabupaten. Pihaknya pun berharap, semua pengcab PJSI Kota dan Kabupaten tersebut bisa mengirimkan atletnya untuk berlaga di Porda Jabar XIII di Kabupaten Bogor pada Oktober 2018 mendatang.
“Ya, minimal ada 16 kota kabupaten yang mengikuti Porda Jabar XIII di cabang olahraga Judo seperti saat pelaksanaan Porda Jabar XII di Kabupaten Bekasi. Kalau untuk tempat pertandingan, kemungkinan besar akan digelar di IPB Darmaga sesuai rencana awal,” tegasnya. (B3)