KONI Kota Bandung Masih Berharap Bisbol dan Softbol Dipertandingkan di Porda

BANDUNG,- Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bandung masih berharap cabang olah raga bisbol dan sofbol dapat digelar pada Pekan Olah Raga Daerah Jawa Barat XIII di Kabupaten Bogor, 2018 nanti. Cabang olah raga ini dipertandingkan pada ajang PON hingga SEA Games sehingga sangat ironis jika tidak digelar di pentas pembinaan olah raga daerah seperti Porda.
“Masih ada cabor yang harus diperjuangkan karena belum dipastikan digelar pada Porda, seperti bisbol sofbol. Padahal, Porda ini kan muaranya untuk kepentingan prestasi daerah pada PON. Jadi seharusnya cabang-cabang olah raga yang ada di PON seperti bisbol sofbol, digelar juga di Porda,” ujar Ketua Umum KONI Kota Bandung Aan Johana di Sekretariat KONI Kota Bandung, Jalan Ahmad Yani, Jumat (24/8/2017).
Aan mengatakan, selain cabor populer yang digelar di kejuaraan-kejuaraan besar skala nasional maupun Asia Tenggara, bisbol sofbol layak diperjuangkan lantaran merupakan potensi medali emas bagi Kota Bandung. Pada perhelatan Porda edisi sebelumnya (2014) di Kabupaten Bekasi, Kota Bandung meraih tiga emas dari cabang olah raga sofbol putra, putri, dan bisbol.
“Kami akan ikut perjuangkan juga. Kami akan mencoba berkoordinasi dengan Pengda cabor bersangkutan dan KONI Jabar supaya bagaimana caranya bisbol sofbol ini digelar di Porda Bogor. Apalagi, cabor ini sangat potensial menghasilkan medali bagi Kota Bandung juga,” kata Aan.
Sebagai informasi, KONI Jawa Barat sudah menetapkan 57 cabang olah raga yang akan dipertandingkan pada Porda Bogor 2018. Bahkan, tim verifikasi KONI Jawa Barat  sudah mengawal proses pemutakhiran data setiap nomor pertandingan pada masing-masing cabang olah raga dengan berpatokan pada nomor yang kemungkinan besar dipertandingkan saat PON XX/2020 mendatang. Namun, sofbol dan bisbol tidak termasuk di dalam 57 olah raga yang dipertandingkan di Porda  2018. (B7)