PABBSI Seleksi Ketat Atlet Kualifikasi PON 2020

Bandung- Tak ingin kecewa dengan hasil babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 yang rencananya digelar pada Agustus 2019 mendatang, Pengprov Persatuan Angkat Besi, Binaraga dan Angkat Berat Seluruh Indonesia (PABBSI) Jawa Barat menggelar seleksi ketat terhadap atlet-atletnya.
Seleksi digelar di GOR PABBSI, Jl. Pajajaran Bandung, Senin (01/07/2019).
Pelatih kepala Angkat Besi Jabar, Sodikin menuturkan, pada seleksi kali ini diikuti 50-an atlet yang terdiri dari 30 atlet putra dan 20 putri. Dengan mempertandingkan tujuh kelas untuk putra dan tujuh kelas untuk putri.
“Kita dari PABBSI Jabar ingin melihat sejauh mana atlet-atlet yang kita persiapkan untuk tim Pra PON yang rencananya dilaksanakan Agustus di Bandung. Setelah Idulfitri kemarin, kita ingin lihat nih, atlet masih oke atau tidak. Di waktu yang sama juga kita menggelar Kejurbar,” ujar Sodikin.
Sodikin menegaskan, dari 50 atlet yang ikut seleksi, akan terjaring delapan atlet putra dan delapan putri. Ia berkomitmen akan menjaring atlet terbaik yang bisa membawa Jabar menjadi yang terbaik di tingkat nasional.
“Untuk angkat besi kita siapkan delapan putra, delapan putri. Kalau dari KONI sebenarnya masing-masing tujuh atlet. Tapi kan yang namanya manusia kita tidak tahu kondisi atlet nanti. Jadi kita antisipasi itu,” katanya.
Ia menilai jika potensi atlet angkat besi di Jabar masih terbilang bagus. Karenanya ia optimistis pada babak kualifikasi PON nanti Jabar bisa meloloskan semua kelas dan bisa melenggang ke PON XX/2020 di Papua.
“Potensi lifter di Jabar luar biasa. Alhamdulillah PON 2012 kita membuka sejarah baru, Jabar dari target tiga dapat empat emas. Kemudian di PON 2016 dari target empat dapat lima. Tapi untuk target di PON Papua kita lihat pemetaan dii kualifikasi PON. Yang jelas kita lolos saja dulu minimal peringkat tiga kualifikasi PON,” jelas Sodikin.*** (P93)