Pacuan Kuda Porda Jabar Akan Digelar di Tanjungsari

BANDUNG,- Sekretaris umum pengurus provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Jawa Barat, menegaskan jika tanah relokasi lapangan pacuan kuda Desa Raharja, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang dipastikan akan digunakan untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar untuk cabang olahraga pacuan kuda.

Jejen yang juga ditunjuk sebagai percepatan relokasi lapangan pacuan kuda Arcamanik ke Tanjungsari tersebut mengaku jika setelah mendapatkan restu dari pemerintah provinsi Jabar untuk penggunaan lahan seluas 20,35 hektare tersebut, pihaknya bergerak simultan membuat track pacuan.

“Menindak lanjuti pembebasan tanah yang dilakukan pemerintah provinsi Jawa Barat untuk relokasi lapangan pacuan kuda Arcamanik, Pengda Pordasi melalui tim percepatan relokasi langsung membuat track untuk latihan kuda-kuda pacu Jabar dan juga dalam rangka persiapan menuju Porda nanti,” ungkap Jejen di kantor KONI Jabar Jalan Pajajaran No. 37A Kota Bandung.

Saat ini pembuatan track pacuan sendiri sudah mendekati 70%. Tinggal penataan dan finishing supaya bisa segera dipakai. Sementara untuk dana yang digunakan, Jejen mengaku masih menggunakan dana sendiri dari steak holder berkuda Jabar.

“Targetnya bulan depan sudah selesai dan bisa dipakai latihan dan juga babak kualifikasi Porda. Kemudian penataan juga akan disempurnakan untuk digunakan Porda mendatang,”tegasnya.

Sementara itu, Pemprov Jabar sendiri sudah menganggarkan untuk DED detail Engineering Design (DED) lapangan pacuan kuda di Desa Sukaraharja tersebut pada tahun 2018 mendatang.

“Pemprov Jabar sendiri sudah menggagarkan untuk DED pembangunan tahun depan. Tapi kan untuk perencanaan pembangunan prosesnya cukup lama dan kita juga akan melaksanakan porda untuk pacuan kuda di tanah relokasi tersebut. jadi sementara kita menggunakan dana sendiri. Mohon dukungannya saja dari steak holeder berkuda Jabar baik materil atupun materil untuk kelancaran pengerjaan track pacuan tersebut,” tandasnya. (B5)