Pekan Ini, KONI Jabar Akan Terbitkan SK Cabang Olahraga dan Nomor Pertandingan Porda Jabar XIII

BANDUNG, – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat sebagai Panitia Pengarah (Steering Commite, SC) Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII/2018 akan mengeluarkan surat keputusan terkait cabang olahraga dan nomor pertandingan pada pekan ini. Hal ini seiring dengan tuntasnya pelaksanaan verifikasi cabang olahraga dan nomor pertandingan yang dilakukan marathon satu bulan terakhir.

Wakil Ketua II KONI Jabar Bidang Pembinaan Prestasi, Verdia Yosef menuturkan, pelaksanaan verifikasi cabang olahraga sendiri dilakukan dalam waktu sekitar lima pekan. Dalam satu kali sesi, pihaknya melakukan verifikasi terhadap lima cabang olahraga. Selain dengan cabang olahraga, pelaksanaan verifikasi pun melibatkan Panitia Besar (PB) Porda Jabar XIII/2018 Kabupaten Bogor.

“Dalam verifikasi tersebut kita melakukan sinkronisasi terkait cabang olahraga dan nomor pertandingan. Cabang olahraga apa saja yang diajukan oleh pihak tuan rumah Kabupaten Bogor termasuk nomor pertandingannya, dan itu kita sesuaikan dengan pengajuan dari setiap pengurusa provinsi cabang olahraga bersangkutan,” ujar Yosef saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Jumat (7/4/2017).

Verifikasi sendiri, lanjut Yosef, dilakukan agar pelaksanaan Porda Jabar XIII tahun 2018 bisa sejalan dengan visi misi yang diusung KONI Jabar untuk mempertahankan prestasi juara umum PON. Untuk itu, Porda Jabar XIII pun menjadi sarana strategis dalam upaya mempertahankan gelar juara umum PON di Papua pada tahun 2020 mendatang.

“Jadi kita ingin Porda Jabar XIII ini menjadi miniatur dari PON XX di Papua. Untuk itu, dari cabang olahraga dan nomor pertandingan hingga ketentuan lain setidaknya bisa mirip dengan PON XX nanti,” tambahnya.

Untuk itu, pihaknya pun sudah memiliki daftar cabang olahraga wajib yang harus dipertandingkan di Porda Jabar XIII mendatang. Cabang olahraga wajib tersebut merupakan cabang olahraga yang juga kemungkinan besar akan dipertandingkan di PON XX tahun 2020 mendatang di Papua.

Cabang olahraga wajib tersebut yakni cabang olahraga olimpik yakni sekitar 38 cabang olahraga. Di luar itu, terdapat cabang olahraga pilihan dari tuan rumah yang disesuaikan dengan kemampuan mereka untuk menggelar pertandingan cabang olahraga tersebut sesuai kesiapan sarana prasarana.

“Tuan rumah Kabupaten Bogor itu mengajukan sebanyak 43 cabang olahraga dengan 791 nomor pertandingan. Kita sendiri sudah memiliki draft cabang olahraga dan nomor pertandingan yang terdiri dari cabang olaraga wajib serta cabang olahraga penunjang pembinaan. Saat verifikasi, kita tampung semua usulan dari tuan rumah Kabupaten Bogor serta pengurus provinsi cabang olahraga. Nanti kami yang menentukan setelah dilakukan berbagai analisa dari hasil verifikasi yang dilakukan. Kita targetkan pada bulan ini surat keputusan cabang olahraga dan nomor yang dipertandingkan di Porda Jabar XIII ini selesai,” tegasnya. (B3)