Pelatihan Penilaian Bagi Pelatih Pertandingan Cabor Barongsai Perlu Segera Dilakukan

BANDUNG – Kepala Pembinaan Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI), Arifin Himawan mengharapkan adanya pelatihan khusus bagi pelatih-pelatih cabang olahraga Barongsai di dalam penilaian suatu pertandingan.

Pelatihan pelatih di dalam penilaian sebuah pertandingan cabor Barongsai itu perlu segera dilakukan agar cabor Barongsai ini semakin eksis dalam sebuah event, kejuaraan, dan PON yang akan datang, terutama pelatihan untuk para anggota FOBI.

“Bahkan jika berminat bisa jadi juri-juri di bawah naungan penjurian yang akan diberdayakan di setiap event atau kejuaraan-kejuaraan Barongsai ke depanya,,” ujar Arifin yang juga Wakil Ketua FOBI Jabar ini saat dihubungi belum lama ini.

Namun, Arifin belum bisa memastikan kapan pelatihan pelatih untuk cabor Barongsai ini bisa digelar. “Kami akan coba membahas dengan pengurus lainnya. Mudah-mudahan cepat terealisasi,” harap Arifin.

Cabor Barongsai memang baru diakui sebagai cabor yang dipertandinghkan pada PON XIX 2016 lalu. Itu pun sebagai cabor eksibishi. Karena itu Arifin berharap pada PON XX 2020 di Papua nanti, Cabor Barongsai benar-benar bisa dipertandingkan.

“Mudah-mudahan pada PON di Papua nanti Barongsai sudah bisa dipertandingkan,” harap Arifin mengakhiri.(B4)