Perbakin Jabar Mulai Susun Regulasi Porda

CIMAHI.- Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) Jabar mulai menyusun regulasi untuk Pekan Olah Raga Pelajar daerah (Porda) XIII/2016. Dalam regulasi tersebut salah satunya  membahas nomor pertandingan, usia atlet, dan teknis mutasi bagi atlet.

“Untuk regulasi ini sedang kita bahas dan disusun olah tim dari Perbakin Jabar. Regulasi ini selain sebagai pegangan untuk peserta saat Porda nanti juga menjadi acuan bagi daerah untuk menyiapkan para atletnya,” tutur Sekertaris Umum Pengprov Perbakin Jabar, Cucu Sutara.

Cucu mengatakan, pelaksanaan cabang olah raga menembak Porda Jabar XIII ini akan dilaksanakan oleh Perbakin Jabar. Mulai dari penentuan nomor pertandingan hingga aturan-aturan teknis lain. Termasuk terkait aturan mutasi atlet.

“Mutasi ini jadi penting bagi pola pembinaan kedepan dan kita sudah punya aturan-aturannya. Yang paling penting adalah asas domisili dan keberlangsungan pembinaan atlet. Jadi kalau atlet tidak dilakukan pembinaan oleh daerahnya dan akan pindah ke daerah lain yang siap melakukan pembinaan, maka akan kita izinkan,” katanya

Untuk nomor pertandingan cabang olahraga di Porda Jabar XIII tahun 2018, Cucu menyebut akan sama layaknya PON XIX pada September 2016 lalu. Laga di Porda Jabar XIII, akan digelar full even dengan total sebanyak 34 nomor pertandingan. Yakni 30 nomor pertandingan di bidang target dan empat nomor pertandingan di bidang berburu.

“Nomor yang dipertandingkan sama dengan yang dipertandingkan di PON Kemarin. Selain menjadi ajang untuk melihat hasil pembinaan yang telah dilakukan oleh Pengcab, Porda kali ini juga menjadi ajang pemanasan sekaligus seleksi untuk atlet PON 2020 di Papua,”ujarnya.

‎Cucu mengatakan, untuk pelaksanaan cabang olah raga menembak sudah dipastikan akan digelar di lapangan tembak Cisangkan, Cimahi. Karena di Kabupaten Bogor belum memiliki arena pertandingan menebak. (B5)