Pimpin Perbasasi Jabar, Fachrudin Pastikan Bisbol dan Sofbol Akan Digelar di Porda

BANDUNG,- Brigadir Jenderal Polisi Fachrudin terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Provinsi Perserikatan Baseball dan Softball Amatir Seluruh Indonesia (Perbasasi) Jawa Barat periode 2017-2021. Fachrudin dipilih secara aklamasi pada Musyawarah Daerah Pengprov Perbasasi Jawa Barat di Hotel El Cavana, Jalan Pasirkaliki, Kota Bandung, Minggu (10/9/2017).
Selain pembentukan kepengurusan baru, prioritasFachrudin setelah terpilih adalah memastikan cabang olah raga bisbol dan sofbol  bisa digelar pada Pekan Olah Raga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII/2018 di Kabupaten Bogor. 
“Harusnya  bisbol sofbol dipertandingkan di Porda. Sebelumnya mungkin (Perbasasi Jabar) dianggap tidak siap, karena sempat vakum kepengurusan. Tapi sekarang, sudah ada ketua baru dan kepengurusan dalam sepekan segera terbentuk lalu dilantik. Jadi, saya yakin bisbol sofbol akan digelar,” ujar Fachrudin sesusai dipilih secara aklamasi oleh delapan pengurus cabang Perbasasi kota kabupaten yang hadir pada Musda.
KONI Jawa Barat memang sudah menetapkan 57 cabang olah raga yang akan dipertandingkan pada Porda Bogor 2018. Namun hingga saat ini, sofbol dan bisbol tidak termasuk di dalam 57 olah raga yang dipertandingkan tersebut.
Fachrudin mengatakan, dia tidak memiliki rencana alternatif untuk mengadakan kegiatan lain bagi para atlet Jabar andaikan bisbol sofbol memang tidak digelar di Porda. Pasalnya, dia sangat yakin cabang olah raga ini akan diperlombakan pada pesta multicabang olah raga se-Jawa Barat itu. Bisbol sofbol layak diperjuangkan digelar di Porda lantaran Jabar punya potensi besar sebagai sumber daya atlet-atlet bisbol sofbol berkualitas.
“Cabor ini digelar di PON, jadi tentu harus digelar di Porda. Saya sudah berkomunikasi langsung dengan Ketua KONI Jabar. Dia sudah setuju, jadi saya  minta pengcab-pengcab mempersiapkan atletnya dengan baik untuk Porda,” kata Fachrudin yang berdinas sebagai Direktur Pembinaan Kemampuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme itu. (B6)