Porserosi Jabar Jadikan Popnas XIV Sebagai Ajang Persiapan untuk PON XX

SEMARANG, – Selain mempertandingkan 21 cabang olahraga resmi, Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) edisi ke-14 yang digelar di Semarang, Jawa Tengah, juga mempertandingkan empat cabang olahraga eksebisi. ‎Yakni cabang olahraga sepatu roda, anggar, panjat tebing, dan wushu.
Jawa Barat sendiri hanya mengirimkan dua cabang olahraga eksbisi pada Popnas XIV/2017 tersebut. Yakni di cabang olahraga sepatu roda dan Anggar.
Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) Jawa Barat, Erry Sudradjat menuturkan, pihaknya mengirimkan sebanyak 10 atlet untuk mengikuti pertandingan pada Popnas XIV/2017 yang digelar di lintasan sepatu roda, komplek stadion Jatidiri Semarang. Pihaknya pun harus merogoh kocek sendiri untuk mengirimkan atlet ke Popnas XIV tersebut.
“Untuk persiapan Popnas XIV ini, kita sudah lakukan seleksi atlet. Dan untuk keberangkatan, kita urunan dengan pengcab Porserosi kota kabupaten asal atlet ditambah biaya dari kas Porserosi Jabar. Yang dikirim itu lima atlet putra dan lima atlet putri,” ujar Erry saat ditemui di  lintasan sepatu roda, komplek stadion Jatidiri Semarang, Sabtu (16/9/2017).
Erry menambahkan, keikutsertaan Jabar pada cabang olahraga sepatu roda ini untuk mendukung agar sepatu roda ini menjadi ‎cabang olahraga yang resmi dipertandingkan pada perhelatan Popnas berikutnya di tahun 2019 mendatang. Tak hanya itu, ajang Popnas XIV pun dijadikan sebagai ajang ujicoba bagi atlet pelajar sepatu roda.
‎”Kita ingin berikan pengalaman bertanding bagi atlet pelajar ini sekaligus jadi ajang evaluasi bagi pembinaan atlet sepatu roda di kota dan kabupaten. Karena tidak menutup kemungkinan kalau atlet yang saat ini bertanding di Popnas ini jadi atlet untuk PON XX di Papua pada tahun 2020 nanti,” terangnya.
Meski jadi ajang ujicoba, namun bukan berarti di ajang Popnas XIV ini tanpa target. Pihaknya berharap, atlet yang dikirim bisa tampil maksimal dan meraih medali.
“Dari 10 nomor yang dipertandingkan, kita berharap bisa meraih setidaknya dua medali emas meski beberapa atlet andalan kita tidak bisa bermain karena mengikuti Pelatnas Asian Games‎. Semoga saja, target yang sudah ditetapkan bisa tercapai,” tegasnya. (B3)