POSSI Jabar Terapkan Promosi Degadasi Atlet Pelatda di Kejurda

Bandung- Sebanyak 18 atlet selam Jabar yang tergabung dalam tim Pelatda Jabar untuk PON XX/2020 di Papua turun pada Kejuaraan Selam Gubernur Jabar antar Pengcab dan Perkumpulan se-Jabar 2019 yang digelar di kolam renang Catherine Surya, komplek olahraga Stadion Bima, Kota Cirebon, 2-4 Agustus 2019.

Kejuaraan tersebut menjadi salah satu ajang untuk promosi degradasi atlet yang akan menghuni tim Pelatda yang akan dipersiapkan untuk menghadapi babak kualifikasi (BK) PON XX/2020 pada Oktober 2019 mendatang di Jatim.

Ketua Harian Pengprov POSSI Jabar, Halim Utomo menuturkan, 9 peselam putra dan 9 putri Jabar bersaing pada Kejuaraan bertajuk Piala Gubernur tersebut. Pasalnya Pengprov POSSI Jabar akan mengerucutkan tim menjadi 16 atlet, yaitu 8 putra dan 8 putri.

“Ya Kejuraan ini sebagai ajang promosi degradasi atlet Pelatda Jabar. Semuanya ada 18 atlet bersaing di sini. Karena bukan hal yang mustahil junior mereka ternyata lebih baik di sini, bisa menggantikan posisi seniornya. Mereka akan kita persiapkan untuk BK bulan Oktober mendatang. Untuk tempat antara di Sidoarjo atau di Pasuruan,” tegas Halim di sela-sela pertandingan.

Halim menjelaskan, saat ini para atlet terus dipantau perkembangannya meski belum melakukan pemusatan latihan daerah. Ia berharap sebelum pelaksanaan BK, para atlet sudah bisa bergabung melakukan pemusatan latihan.

“Sekarang masih desentralisasi. Tapi tetap kita pantau perkembangan mereka. Oleh karena itu kita masih akan melakukan promosi degradasi. Mereka tidak bisa leha-leha. Persaingan tim masih terus berjalan. Kami berharap sebelum BK mereka sudah sentralisasi,” tegasnya.

Pada BK PON XX nanti akan dipertandingkan sebanyak 28 nomor yang terdiri dari 22 nomor pertandingan di kolam dan 6 nomor pertandingan di laut. “Kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk menjadi yang terbaik. Meskipun kita tahu Jatim masih jad pesaing terkuat,” pungkasnya. *** (P93)

 

Juara Umum Kejuaraan Selam Gubernur Jabar Antar Pengcab dan Perkumpulan se-Jabar 2019:

Kota/Kabupaten :

  1. Kabupaten Bandung Barat = 13 Emas, 4 Perak dan 9 Perunggu
  2. Kota Bandung = 12 Emas, 9 Perak dan 6 Perunggu
  3. Kabupaten Bogor = 5 Emas, 5 PErak dan 2 Perunggu
  4. Kabupaten Bekasi = 3 Emas, 9 Perak dan 2 Perunggu
  5. Kota Cirebon = 3 Emas, 6 Perak dan 3 Perunggu

Perkumpulan:

  1. Shark DC Kota Bandung = 17 Emas, 10 Perak dan 16 Perunggu
  2. Siliwangi DC = 10 Emas, 6 Perak dan 3 Perunggu
  3. Sarwajala DC = 7 Emas, 11 Perak dan 9 Perunggu
  4. Universal DC Kota Bandung = 7 Emas, 5 Perak dan 4 Perunggu
  5. Aquarius DC = 4 Emas dan 1 Perunggu