POSSI Kota Bandung Dukung Pembatasan Usia di Cabor Selam Pada PORDA 2018

BANDUNG,- Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Bandung mendukung adanya pembatasan usia pada pertandingan cabor selam di Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2018 di Kabupaten Bogor.
Ketua Umum POSSI Kota Bandung, Doddy Abdul Karim menilai pembatasan usia itu sangat penting mengingat penyelenggaraan Porda ini hubungannya dengan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Oleh sebab itulah pihaknya sangat mendukung jika di Porda XIII nanti atlet yang turun di  cabang olahraga selam dibatasi usianya.
“Saya sangat setuju kalau di Porda XIII di Kabupaten Bogor nanti ada pembatasan usia untuk cabor selam. Karena pembatasan usia ini bisa menghindarkan kita dari salah dalam membina atlet. Misalnya kita membina atlet yang berumur 25 tahun tapi ternyata nantinya tidak bisa turun di Porda. Selain itu, pembatasan usia ini cukup penting karena kaitannya dengan PON 2020. Kalau perlu pembatasan umurnya 20 tahun, sehingga saat PON nanti atlet umurnya 22 atau 23 tahun,” kata Doddy.
Walau penyelenggaraan Porda XIII masih cukup lama, namun POSSI Kota Bandung sendiri sudah mulai melakukan tahapan seleksi tim bayangan. Hal itu dilakukan dengan menggelar kejuaraan selam Piala Wali Kota, beberapa waktu yang lalu. Doddy mengaku POSSI Kota Bandung tak khawatir untuk masalah atlet. Sebab di Kota Bandung cukup banyak klub yang melakukan pembinaan atlet selam. Hanya saja dia berharap, pada penyelenggaraan Porda nanti ada kejuaraan senam lainnya yang bisa dijadikan untuk menguji kesiapan atlet.
“Untuk atlet sebenarnya cukup banyak. Karena di Bandung banyak klub yang melakukan pembinaan atlet selam. Tapi yang potensial, dalam artian klub yang sudah memiliki atlet selam potensial itu cuma ada 3. Untuk persiapan Porda sendiri, kita menjadikan kejuaraan selam Piala Wali Kota 2017 sebagai tahap awal seleksi tim bayangan. Kita sih berharap tidak cuma POSSI Kota Bandung yang menggelar kejuaraan, tapi pengcab-pengcab lain bisa melakukan hal yang sama. Khususnya Pengda POSSI Jabar, bisa menggelar kejuaraan, mungkin di akhir tahun nanti,” sebutnya. (B6)