Tiga Lintasan Sepatu Roda Akan Dibangun di Wilayah Jabar

BANDUNG,- Lintasan sepatu roda di Jawa Barat akan bertambah seiring dengan rencana pembangunan di kawasan Purwakarta dan Sumedang. Selain itu, dalam waktu dekat akan dilakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan lintasan sepatu roda di Kabupaten Bekasi.
Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) Jawa Barat, Erry Sudradjat menuturkan, untuk rencana pembangunan lintasan sepatu roda di Kabupaten Purwakarta dilakukan oleh pihak swasta dan berada di tengah areal wisata yang juga sedang dalam pembangunan. Sedangkan untuk pembangunan di Kabupaten Bekasi dan Sumedang, akan dibangun oleh pihak pemerintah.
“Dengan tambahan tiga lintasan sepatu roda, maka Jabar menjadi provinsi yang paling banyak memiliki venue sepatu roda. Sebelumnya kita sudah memiliki lintasan sepatu roda Saparua yang digunakan PON XIX, lalu lintasan sepatu roda di Kota Bekasi, dan dua lintasan sepatu roda di Karawang,” ujar Erry saat ditemui  di komplek olahraga Pajajaran, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Jumat (29/9/2017).
Terkait rencana pembangunan lintasan sepatu roda di Purwakarta, Erry mengaku jika pihaknya sudah melakukan pantauan langsung ke lokasi. Pihak swasta yang akan membangun lintasan pun telah berkordinasi dengan pihaknya terkait pembangunan venue sepatu roda tersebut.
“Kita sudah arahkan kalau pembangunan lintasan bisa sesuai standar internasional, minimal sama dengan yang di Saparua. Bahkan rencananya akan juga dibuat lintasan sepatu roda indoor bagi pemula dan akan dikomersilkan,” terangnya.
Lintasan sepatu roda di Purwakarta tersebut, akan dibangun di areal wisata yang memiliki luas lahan sekitar 1000 hektare. Saat ini, di area tersebut sudah terdapat area kolam renang rekreasi.
‎Hal tersebut diakui Erry, memberi keuntungan tersendiri bagi kemajuan olahraga sepatu roda. Khususnya di Purwakarta yang saat ini bisa dibilang belum cukup maju dalam hal pembinaan atlet di cabang lahraga tersebut.
Selain itu, dengan dibangunnya lintasan yang bersatu dengan area wisata, bisa mendorong cabang olahraga sepatu roda menjadi olahraga industri. Karena selain sebagai olahraga prestasi, cabang olahraga sepatu roda pun bisa dikenal dan semakin populer.
“Semoga dengan adanya lintasan di Purwakarta bisa mendorong juga pembinaan sepatu roda dan menghasilkan atlet berpretasi. Dan kita pun sedang menyiapkan program untuk pengembangan olahraga sepatu roda dengan adanya lintasan di Purwakarta tersebut.
Sementara untuk dua lintasan sepatu roda di Kabupaten Sumedang dan Bekasia, dibangun secara khusus oleh pemerintah setempat. Lintasan sepatu roda tersebut akan dibangun di dalam komplek olahraga yang akan dibangun pemerintah setempat.
“Untuk yang di Kabupaten Bekasi, rencananya akan dilakukan peletakan batu pertama dalam waktu dekat ini.‎ Semoga dengan makin bertambahnya venue sepatu roda di Jabar, bisa meningkatkan pembinaan dan menciptakan atlet-atlet baru yang potensial,” pungkasnya. (B3)