Tim Bola Voli Indoor Putra Cianjur Gagal Jadi Kampiun Babak Kualifikasi

CIANJUR,- Tim bola voli indoor putra Kabupaten Cianjur gagal keluar sebagai juara pada babak kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII cabang olahraga bola voli indoor wilayah IV yang digelar di GOR GGM Panembong, Jalan Ir Haji Djuanda, Cianjur, Jumat (13/10/2017). Pada laga terakhir sekaligus penentuan juara babak kualifikasi wilayah IV, Kabupaten Cianjur harus mengakui keunggulan rivalnya Kabupaten Cirebon.

Di laga penutup, Cianjur menurunkan komposisi tim inti. Ferry Firmansyah, M Irwan Junaedi, M Ridla, dan Sayed Alimatrik, menjadi penggebug utama tim Kota Santri dengan pengatur serangan setter M Ardiansyah Sakti serta libero Raihan Yunan. Sementara tim Kabupaten Cirebon pun tetap menurunkan komposisi pemain utama yang dikomandoi sang kapten, Karmawan.
Meski menjadi laga yang tidak menentukan kelolosan kedua tim, namun keduanya tampil sama-sama ngotot. Pertarungan di set pertama pun berlangsung alot, meski akhirnya berhasil direbut anak-anak Kota Udang dengan skor 26-24.
Pada set kedua, kedua tim masih menampilkan penampilan atraktif dan enak ditonton. Duel spike keras pun kembali tersaji di set kedua. Namun kematangan dan kekompakan tim Kabupaten Cirebon kembali lebih unggul dan merebut set dua dengan skor 25-23. Hal yang sama pun terjadi di set ketiga dan Kabupaten Cirebon kembali meraih kemenangan dengan skor 25-23 sekaligus memastikan kemenangan dengan skor 3-0.
Ketua Umum Pengcab PBVSI Kabupaten Cianjur, Dedi Suryaman mengaku sudah cukup puas dengan penampilan para atlet yang tak kenal menyerah. Meski sudah dipastikan lolos ke Porda Jabar XIII, namun M Ardiansyah dkk tetap menampilkan permainan yang atraktif dan menyerang.
“Ke depan kita akan lakukan evaluasi untuk menambal kekurangan tim sehingga saat Porda Jabar XIII pada tahun 2018 nanti bisa tampil lebih baik. Kita pun berharap dukungan dari Pemkab Cianjur bagi kemajuan olahraga dan peningkatan prestasi olahraga Cianjur termasuk di bola voli. Kita tidak bisa mengandalkan semuanya terutama dari sisi anggaran ke KONI atau pihak lain,” tegas Dedi saat ditemui usai penutupan babak kualifikasi Porda Jabar XIII cabang olahraga bola voli indoor wilayah IV di GOR GGM Panembong, Jalan Ir Haji Djuanda, Cianjur, Jumat (13/10/2017).
Ketua Umum KONI Kabupaten Cianjur, Ochid Durosid pun mengungkapkan rasa bangga terhadap keberhasilan cabang bola voli indoor yang meloloskan tim putra dan putri ke Porda Jabar XIII/2018. Pasalnya, keberhasilan tim bola voli indoor putra dan putri Cianjur ke Porda Jabar XII menjadi sejarah tersendiri setelah lebih dari 30 tahun selalu gagal berlaga di ajang multieven olahraga tingkat Jabar empat tahunan ini.
“Ini menjadi bonus Pengcab PBVSI Kabupaten Cianjur yang baru saja dilantik dan bonus bagi kepengurusan KONI Kabupaten Cianjur juga yang baru dilantik pada tahun 2017 ini. Semoga saja, selain lolos di Porda 2018, juga bisa lebih matang lagi kedepan dan bisa berprestasi,” tegas Ochid.
Dari babak kualifikasi Porda Jabar XIII cabang olahraga bola voli indoor wilayah IV ini, sebanyak empat tim yakni dua tim putra dan dua tim putri dipastikan lolos ke Porda Jabar XIII di Kabupaten Bogor pada tahun 2018. Dua tim putri yang lolos yakni Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur, sedangkan di kelompok putra yakni Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Cianjur.
Tambahan dua tim putra dan dua tim putri dari hasil babak kualifikasi Porda Jabar XIII cabang olahraga bola voli indoor wilayah IV ini, menggenapkan jumlah tim yang akan berlaga di Porda Jabar sebanyak 10 tim, baik di kelompok putra maupun putri. Di kelompok putra, tim yang akan berlaga yakni Kabupaten Bandung, Kota Bekasi, Kota Bandung, Kabupaten Ciamis, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor. Sementara di kelompok putri, akan bersaing Kota Bekasi, Kabupaten Majalengka, Kota Cimahi, Kabupaten Ciamis, Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Cianjur, Kota Bandung, dan Kabupaten Bogor. (B3)