Tim Sepak Bola Kota Bandung lolos ke Porda XIII/2018

BANDUNG, – Setelah tampil kurang gereget dan hanya menang tipis pada dua laga, tim Kota Bandung akhirnya mampu menang telak 3-0 atas Kabupaten Bandung Barat pada babak kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII di Lapangan Lodaya, Jumat (3/11/2017). Kemenangan ketiga secara beruntun ini sekaligus memastikan Kota Bandung sebagai tim pertama yang lolos ke putaran final Porda XIII dari wilayah 5. Ketiga gol kemenangan Kota Bandung dicetak oleh Agung Mulyadi pada menit ke-6, Pian pada menit ke-23, dan Candra (56).
Hasil ini membuat Kota Bandung memuncaki klasemen babak kualifikasi wilayah 5 dengan nilai sempurna 9 poin dari tiga laga. Pada pertandingan sebelumnya, Rizki Hidayat dan kawan-kawan menang tipis 2-1 atas Kota Cimahi dan 1-0 atas Kabupaten Bandung.
Selain dari segi skor, pelatih Kota Bandung Yadi Mulyadi juga mengaku puas dengan perbaikan performa timnya. Dia berharap, performa ini bisa dipertahankan saat Kota Bandung melakoni laga terakhir di kandang Kabupaten Garut (8/11/2017).
“Hasil hari ini sangat memuaskan, termasuk dari segi permainan kolektif tim, ada kemajuan. Pemain tampil lebih agresif, tanpa beban. Kami sudah pasti lolos. Tapi tidak ada cerita melepas laga terakhir kontra Garut, kami ingin sapu bersih,” ujar Yadi seusai pertandingan.
Berbeda dari dua laga sebelumnya, tim Kota Bandung memang tampil lebih agresif saat menghadapi Kabupaten Bandung Barat. Mereka langsung mengambil inisiatif serangan sejak menit awal laga. Hasilnya, gol cepat bisa dicetal melalui tendangan keras Agung Mulyadi. Jebolan Persib junior itu menyambut bola liar hasil tendangan Firmansyah yang membentur mistar gawang.
Unggul cepat tak bikin anak-anak Kota Bandung mengendurkan tekanan. Serangan bertubi-tubi tetap dilancarkan ke jantung pertahanan Kabupaten Bandung Barat.
Agresivitas para pemain Kota Bandung memaksa para pemain KBB membuat pelanggaran di area berbahaya. Akibatnya, Kota Bandung memiliki kesempatan mencetak gol melalui eksekusi bola mati.
Kesempatan itu tidak disia-siakan oleh Pian yang mencetak gol via eksekusi tembakan bebas. Gol gawang kiper M. Ramdhan itu tampak langsung memukul mental para pemain KBB. Mereka tampil kurang motivasi dan kesulitan mengembangkan permainan.
Alih-alih mencetak gol balasan, KBB justru kembali kebobolan pada babak kedua. Candra yang masuk sebagai pemain pengganti di tim Kota Bandung mampu menjebol gawang KBB pada menit ke-56.
Keunggulan tiga gol membuat Kota Bandung tampak menurunkan agresivitas. Permainan kedua tim juga sempat terganggu akibat hujan deras yang mengguyur. Hingga wasit meniup peluit tanda laga usai, skor 3-0 untuk kemenangan Kota Bandung tidak berubah.
“Hasil ini memang sangat mengecewakan dan di luar dugaan untuk kami. Persiapan kami memang agak terlambat sehingga kurang maksimal,” ujar Pelatih KBB Agus Dadan.
Selalu kalah dalam laga yang sudah dijalani, KBB dipastikan tidak lolos ke Porda 2018. Namun, Agus berharap bisa membayar prestasi di kompetisi kelompok umur.
“Kami juga berharap bisa lolos pada Porda selanjutnya,” tuturnya. (B4)