Tim Softbol Jabar Kawinkan Gelar Juara Nasional di Makassar

BANDUNG, – Tim sofbol putra dan putri Jawa Barat sukses mengawinkan gelar juara pada Kejuaraan Nasional Sofbol U-19 yang digelar di Makassar, Sulawesi Selatan. Jabar merajai kejuaraan tersebut setelah mengalahkan tim putra Lampung dan tim putri Papua melalui pertandingan tujuh inning pada laga final di Lapangan Karebosi, Makassar, Sabtu (14/10/2017).
Untuk meraih gelar juara, tim putri Jabar harus melakoni pertandingan berat, menegangkan, namun dengan akhir yang sangat dramatis. Nesya dan kawan-kawan kewalahan menghadapi tim Papua sehingga selalu tertinggal sejak inning pertama.
Performa superior dan rekor selalu menang telak seperti saat mengalahkan  DKI 9-5, sulsel 11-2, DIY 15-0, dan Lampung 14-1 tak muncul ketika menghadapi perlawanan Papua. Alih-alih dominan, Jabar bahkan sempat tertinggal sangat jauh yakni 2-9.
Akan tetapi, margin ketertinggalan yang cukup jauh itu tidak membuat mental anak-anak Jabar jatuh.  Innandya dan kawan-kawan tampil pantang menyerah gingga akhirnya sanggup berbalik unggul dan meraih kemenangan dramatis 13-11.
Pada final putra, kemenangan di babak page system tidak membuat Jabar jadi lebih superior ketika kembali berduel dengan Lampung. Pertandingan pada setiap inning berlangsung ketat dengan selisih angka cukup tipis. Hingga inning ke-6 a, Lampung sanggup mengimbangi Jabar dan hanya ketinggalan dengan selisih satu angka 10-11 pada akhir inning ke-6.
Namun pada inning pamungkas, Jabar mampu mencetak dua run tambahan untuk memenangkan pertandingan dengan skor akhir 13-10 dan memastikan trofi juara.
Pelatih tim sofbol putri Jabar Benedictus Sonny Lahera mengatakan , tim-tim yang tampil pada babak final adalah tim terbaik dengan kualitas atau kekuatan relatif seimbang. Karena itu pula, laga final berlangsung sengit pada setiap inning dan pemenang baru bisa ditentukan pada inning pamungkas.
“Mentalitas menjadi pembeda. Selain itu perencanaan game strategy juga menjadi kunci kemenangan Jabar sehingga bisa meraih gelar kembar pada kejuaraan nasional ini,” kata Sonny.
Kejuaraan Nasional Sofbol U-19 digelar di Makassar, Sulawesi Selatan sejak Minggu (8/10/2017) sampai Sabtu (14/10/2017). Pada kejuaraan edisi tahun lalu, Jabar hanya mampu merebut dua medali perak pada edisi 2016.
Keberhasilan menyabet trofi juara putra-putri pada Kejurnas 2017 menjadi realisasi target awal sebelum keberangkatan. Gelar juara ini juga menjadi keberhasilan pertama tim Jabar di bawah kepengurusan Perbasasi Jabar yang baru di bawah pimpinan Fachrudin.
“Dalam waktu hanya sekitar dua bulan dan dengan persiapan yang tidak ideal dari segi waktu maupun pendanaan, pencapaian juara putra dan putri ini merupakan prestasi di bawah kepengurusan baru,” ujar Sekretaris Umum Pengprov Perbasasi Jabar Arfan Joelianto.
Dia menilai, keberhasilan menjuarai Kejurnas Sofbol U-19 ini juga sekaligus menjadi pembuktian, Jabar masih sangat potensial sebagai produsen atlet muda sofbol yang nantinya akan menjadi modal penting bagi Jabar pada PON XX di Papua 2020. (B4)