Tim Voli Kota Bandung Segera Gelar Sentralisasi Jangka Panjang Persiapan PORDA

BANDUNG,- Tim voli indoor putra dan putri Kota Bandung sudah memastikan diri untuk tampil pada putaran final Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII/2018. Untuk memantapkan kesiapan performa, pemusatan latihan jangka panjang akan segera dilakukan di Kota Bandung hingga pelaksanaan Porda di Kabupaten Bogor tahun depan.
“Alhamdullilah untuk voli indoor, tim putra Kota Bandung sudah lolos dari babak kualifikasi dan tim putri indoor maupun voli pasir langsung masuk putaran final karena berstatus juara bertahan. Program selanjutnya adalah segera memulai pemusatan latihan jangka panjang untuk tim putra maupun putri mulai awal November ini hingga Porda tahun depan,” ujar Wakil Ketua II Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Cabang Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kota Bandung Iyus Sayuti di Bandung, Senin (2/10/2017).
Iyus mengatakan, waktu pemusatan latihan selama lebih kurang setahun itu akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memperkuat performa tim putra maupun putri, baik voli indoor maupun pasir. Pemusatan latihan tersebut juga akan dilengkapi dengan rangkaian pertandingan uji coba, baik di luar Kota Bandung (tryout) maupun mengundang lawan untuk beruji tanding di Bandung (tryin).
“Latihan digelar dua hingga tiga kali dalam sepekan dan tentunya akan diselingi dengan uji coba atau ikut kejuaraan. Yang pasti, intensitas akan meningkat menjelang pelaksanaan Porda itu sendiri, termasuk ikut event-event (kejuaraan) kompetitif untuk menguji hasil latihan,” kata Iyus.
Dia mengatakan, tim voli Kota Bandung mengusung target untuk meraih lebih dari dua emas pada Porda mendatang. Mempertahankan dua gelar juara yang diraih dari tim voli indor putri dan voli pasir putri pada Porda 2014 adalah target minimal yang harus bida dicapai.
“Dua emas dari putri harus dipertahankan. Selain itu, kami akan berusaha keras untuk menambah satu emas dari voli indoor putra atau voli pasir putra,” ucap Iyus.
Dia mengakui, butuh kerja ekstra untuk memoles tim putra Kota Bandung yang pada Porda sebelumnya meraih medali perak. Apalagi jika dilihat dari performa tim-tim lain sepanjang fase kualifikasi, persaingan pada putaran final untuk Porda nanti, kata Iyus, akan sangat ketat bagi Kota Bandung.
“Tim putra yang memang harus lebih banyak dipoles lagi. Persaingan akan berat, khususnya jika melihat kekuatan dari tim lain seperti Kabupaten Bandung, tuan rumah Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, dan tentunya juara bertahan Kabupaten Bekasi,” kata Iyus.
Tim voli indoor putra Kota Bandung sendiri lolos ke putaran final Porda Jawa Barat XIII/2018 setelah mengakhiri babak kualifikasi yang digelar sejak 20-24 September 2017 dengan hasil sempurna, lima kemenangan dari lima pertandingan. Sebelum menundukkan Purwakarta 3-0, Irwan Rahman dan kawan-kawan juga menang telak 3-0 atas Kabupaten Subang, Kabupaten Ciamis, Kota Cimahi, dan Kabupaten Karawang. Berkat torehan sempurna itu, Kota Bandung lolos ke Porda Jabar XIII/2018 sebagai pemucak klasemen babak kualifikasi, ditemani Kabupaten Ciamis yang mengunci peringkat kedua.
Sementara itu, kata Iyus, dari segi teknis, tim putri Kota Bandung, baik indoor maupun pasir, masih setingkat lebih unggul dibandingkan tim dari daerah-daerah lain. Oleh karena itu, pihaknya sangat optimistis untuk bisa mempertahankan dua emas voli putri pada Porda XIII tahun depan.
“Pada awal Oktober ini, kami akan segera kumpulkan tim putri. Selama ini mereka belum pernah berlatih bersama karena sudah dipastikan lolos. Sebelum pemusatan latihan, kami akan berkumpul untuk kembali menyamakan visi dan menguatkan tekad mempertahankan gelar,” ujar Iyus. (B4)