Tingkatkan Prestasi atlet PJSI Jabar Perbanyak Kejuaraan

BANDUNG, – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Jabar, akan memperbanyak kejuaraan untuk meningkatkan Prestasi atlet, terutama kelompok junior.

Sekretaris Umum Pengprov PJSI Jabar, Arnold Silalahi mengungkapkan, pihaknya akan mengvaluasi seluruh hasil dari Kejurnas Piala Kartika X/2017 yang diselenggarakan 19-21 Mei 2017 di GOR C-Tra Arena, Jalan Cikutra, Kota Bandung, terutama tingkat junior yang hanya bisa menempati posisi kelima.

“Memang kami tidak ada persiapan secara khusus dalam menghadapi kejurnas tersebut. Kami hanya ikut berpartisipasi pada ajang kejurnas yang digelar selama tiga hari dan berusaha sebaik mungkin,” ujar Arnold, di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Senin (22/5/2017).

Arnold mengatakan, tim Jabar hanya kalah di raihan medali perak pada kelompok senior dari sang juara umum DKI Jakarta.

“Di kelompok senior dan kadet yang masih mampu memperlihatkan prestasi yang cukup baik. Hasil yang diraih ini sudah melebihi dari ekspetasi kami dari pengurus,” ungkapnya.

Namun, dari 15 provinsi yang mengikuti kejurnas, di kelompok junior, tim Jabar berada di peringkat kelima dengan meraih 1 medali emas, 3 medali perak, dan 1 medali perunggu.

“Hasil tersebut, jauh tertinggal dari tim Banten yang menjadi juara umum di kelompok junior yang berhasil merebut 6 medali emas, 2 medali perak dan 2 medali perunggu,” ujar Arnold.

Arnold menegaskan, maka pihaknya akan melakukan evaluasi dari seluruh hasil pelaksanaan kejurnas tersebut.

“Terutama untuk kelompok junior yang masih jauh tertinggal dari provinsi lain,” paparnya.

Kurang gemilangnya prestasi atlet di kelompok junior pada Kejurnas Judo Piala Kartika X/2017, lanjut Arnold, karena pihaknya fokus pada pembinaan di kelompok senior untuk persiapan PON XIX/2016 satu tahun ke belakang.

“Untuk itu, kami akan kembali meningkatkan pembinaan di kelompok junior pada tahun ini berbarengan dengan persiapan menuju PON XX/2020,  sebagai pelapis atlet senior pada PON XX di Papua mendatang,” unfkapnya.

Arnold mengatakan, dalam dua tahun terakhir, pihaknya terlalu fokus ke senior. Jadi untuk tahun sekarang, pihaknya akan tekankan  lagi pembinaan di junior.

“Untuk menggenjot kelompok junior, salah satunya dengan memperbanyak penyelenggaraan kejuaraan,” ungkap Arnold. (B7)