151 Pesenam dari 19 Pengcab Ikuti Babak Kualifikasi Porda

BANDUNG,- Sekitar 151 atlet dari 19 Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Senam Indonesia (Persani) yang ada di Jawa Barat mengikuti babak kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (Porda) cabang olahraga senam, yang berlangsung di Gymnasium Sport Center Arcamanik Bandung, Senin s.d Minggu (11-17/12/2017).
“Babak kualifikasi senam dilangsung di Gymnasium Arcamanik, semua daerah ikut serta dalam babak kualifikasi,” ungkap Ketua Panitia Pelaksana, Ikhsan Ayatullah, saat ditemui di Pengprov Persani Jabar, Jln Tera Bandung, Rabu (6/12/2017) malam.
Ikhsan menuturkan, kalau di babak kualifikasi ini nantinya yang lolos mengikuti babak kualifikasi hanya 109 orang atlet dengan rincian artistik putra dan artistik putri masing-masing 32 pesenam, ritmik 25 pesenam, dan aerobic Gymnastics 20 pesenam.
“Dari 151 peserta yang ikut babak kualifikasi ini, nantinya akan menjadi 109 pesenam saja yang lolos ke Porda nanti di Kabupaten Bogor,” jelasnya.
Dalam babak kualifikasi sendiri akan mempertandingkan 4 nomor, untuk artistik putra mempertandingkan nomor beregu, perorangan serba bisa, lantai, kuda pelana, gelang-gelang, meja lompat, palang sejajar, dan palang tunggal, untuk artistik putri mempertandingkan, beregu, perorangan serba bisa, lantai, meja lompat, palang bertingkat, dam balok keseimbangan, di nomor ritmik mempertandingkan beregu, perorangan serba bisa, simpai, bola, gada, dan pita, serta di nomor aerobic gymnastics mempertandingkan perorangan putri, perorangan putra, dan pasangan.
“Total medali yang diperebutkan pada babak kualifikasi ini ada 23 medali emas dan ini sama dengan Porda nanti,” katanya.
Sementara yang lolos ke Porda nanti, untuk artistik putra dan putri, yang lolos merupakan atlet yang masuk rangking 1 sampai 32, untuk ritmik yang lolos rangking 1-25 dan aerobic yang lolos merupakan ranngking 1 sampai 5.
Untuk babak kualifiasi ini Pengprov Persani Jabar mengusung tema, Dengan Babak Kualifikasi Porda XIII dan Porda XIII Tahun 2018 Kita Tingkatkan Prestasi Senam Jawa Barat Ditingkat Nasional dan Internasional, Menuju Persani Jabar Bangkit dan Unggul, dan Mempertahankan Jabar Kahiji pada PON XX Tahun 2020.(B1)