298 Atlet Karate Berebut Kuota untuk Tampil di Porda Jabar XIII

BANDUNG,- Sebanyak 298 atlet karate dari 26 kota dan kabupaten di Jawa Barat bersaing untuk bisa tampil di ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar XIII/2018 melalui babak kualifikasi. Babak kualifikasi Porda Jabar XIII/2018 cabang olahraga karate digelar di Padepokan Voli Sentul Kabupaten Bogor, Jumat-Minggu (20/22/10/2017).
Sekretaris Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Jabar, Andrian Tejakusumah menuturkan, pada babak kualifikasi sendiri menpertandingkan sebanyak 15 nomor pertandingan. Yakni 11 nomor di kelas kumite (tarung) dan empat nomor di kelas kata (jurus).
“Untuk nomor yang dipertandingkan di Porda Jabar XIII pada Oktober 2018 di Kabupaten Bogor sendiri sebanyak 17 nomor atau memperebutkan 17 medali emas. Dua nomor yang tidak dipertandingkan di babak kualifikasi yakni nomor kumite beregu putra dan kumite beregu putri,” ujar Andrian saat dihubungi melalui telepon selularnya, Jumat (20/10/2017).
Untuk kelolosan atlet, lanjut Andrian, pihaknya sudah menetapkan kuota atlet yang akan tampil di Porda Jabar XIII/2018 cabang olahraga karate. Untuk nomor-nomor perorangan baik di kelas kumite maupun kata, atlet yang menempati peringkat 12 besar berhak untuk tampil di Porda Jabar XIII cabang olahraga karate pada Oktober 2018 di Kabupaten Bogor. Sedangkan untuk kata beregu, akan diambil tim yang menempati posisi 10 besar baik di kelompok putra maupun putri.
“Jadi babak kualifikasi ini, akan menghasilkan sebanyak 216 atlet untuk tampil di Porda Jabar XIII/2018 cabang olahraga karate diluar atlet asal tuan rumah Kabupaten Bogor yang mendapatkan wildcard lolos langsung. Dan babak kualifikasi ini akan mengeliminasi sebanyak 82 atlet yang tidak bisa tampil di Porda Jabar XIII,” tegasnya. (B3)