Ahmad Hadi, Fokus Ke Pembinaan

BANDUNG,- DUNIA sepak bola telah menjadi bagian yang tidak akan pernah terlepas dari seorang Ahmad Hadi (51), sejak dia muda olah raga yang paling banyak penggemarnya ini sudah mulai digelutinya hingga akhirnya dia bertekad untuk bisa menelurkan bibit-bibit pemain sepak bola handal.

Kecintaannya akan sepak bola, membuat Hadi pun mulai fokus kepada pembinaan atlet usia dini. Terakhir bersama Indonesia Youth Education Soccer atau yang lebih dikenal dengan Indonesia YES, dirinya mengadakan Acara  One Day Soccer Clinics, dengan mendatangkan instruktur dari Belanda yaitu Roy Wilhelm yang merupakan mantan instruktur pengembangan usia dini di PSV Eindhoven dan Willem II serta memiliki lisensi FIFA.

”Kegiatan ini merupakan wujud nyata sebagai kepedulian dengan perkembangan sepak bola di Indonesia, karena sebagaimana diketahui Indonesia memiliki banyak bibit-bibit pemain sepak bola yang sangat potensial,”tutur Hadi.

Sejak tahun 2011, mulai serius berkecimpung di dunia pembinaan sepak bola. Latar belakang yang mengiringi keseriusannya dalam melakukan pengembangan serta pembibitan para atlet usia dini ini adalh karena dirinya merasa prihatin terhadap dalam pembinaan sepak bola di Indonesia.

Menurut Hadi, ada beberapa point yang harus dibenahi dalam pembinaan, seperti materi pelatihan  harus disesuaikan dengan usianya. Pada usia dini banyak pelatih dan sekolah sepak bola (SSB) sudah menerapkan taktikal tim dan seringkali ditanamkan kepada pemain untuk selalu menang dan harus menjadi juara dalam suatu turnamen.

“Makanya dalam level usia dini kita sering juara di even-even internasional. Namun, ketika masuk level junior mereka sudah sulit untuk bersaing. Berbeda dengan di negara yang sudah maju sepak bolanya, para pembina sangat concern menanamkan dasar-dasar teknik sepak bola, baru pada usia remaja masuk ke dalam materi taktikal,”ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini juga masih minim pelatih yang berlisensi tinggi, termasuk belum ada standarisasi kepelatihan agar tercipta penyeragaman materi. “Salah satu penyebab tidak bisa majunya persepakbolaan di negara kita adalah masih banyak insan sepak bola kita yang tidak  sewajarnya mencari keuntungan dalam sepak bola,”ucapnya.

Oleh sebab itu, Hadi mencoba untuk menyelesaraskan materi yang ada, sehingga nantinya pembinaan para pemain usia dini bisa berkembang hingga mereka menginjak langkahnya ke level senior.

Pencapaian prestasi yang pernah diraih oleh Hadi adalah turut mengantarkan Tim sepakbola Indonesia Youth Education Soccer (Indonesia YES) tampil sebagai juara dalam turnamen sepakbola Football Cup Barcelona U-15 di Salou dan Cambrils yang terletak di selatan kota Barcelona.

Saat ini Hadi menjabat sebagai ketua umum PS TNI junior, kedepannnya dia bertekad untuk bisa kembali mengantarkan para pemain usia dini binannya mencapai prestasi tertinggi dna kembali mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional. (B6)