Ambisi Horas Pertahankan Emas SEA Games 2017

BANDUNG – Borong tiga emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 lalu, Pejudo Jawa Barat Horas Manurung kini berambisi mengejar target lain diajang yang lebih tinggi yaitu mempertahankan medali emas di SEA Games 2017 di Malaysia.

Pada multi event empat tahunan lalu ia menyumbang tiga medali emas bagi Tanah Legenda yaitu dari kelas -90 kg, kelas bebas putra dan kelas beregu. Horas menjadi salah satu dari lima atlet Jabar yang akan memperkuat Indonesia di ajang SEA Games 2017 mendatang.

“Ya Puji Tuhan saya bisa dapat tiga emas di PON kemarin. Itu jadi moment yang tidak terlupakan. Karena pada PON sebelumnya saya hanya dapat perunggu. Itu modal saya untuk bisa tampil di SEA Games Malaysia. Minta doanya dari Masyarakat Indonesia supaya saya bisa memberikan yang terbaik bagi Merah Putih,” tegas Horas usai menjalani latihan bersama tim Pelatnas di GOR Judo Jabar, Jl. Pajajaran Bandung, Kamis sore.

Horas mengaku, persaingan pada SAE Games mendatang akan lebih kompetitif. Apalagi ia harus mempertahankan raihan medali emas yang ditorehkannya pada SEA Games 2015 lalu.

“SEA Games tahun 2001 saya dapat emas, 2013 perak, terakhir SEA Games 2015 bisa dapat emas. untuk SEA Games 2017 otomatis menjadi tanggung jawab saya untuk mempertahankan gelar juara,” kata Horas.

Hanya saja, lanjut dia, unutk SEA Games mendatang ia tidak akan manggung di kelas -90 kg. Pasalnya untuk kelas tersebut tidak dipertandingkan. Ia pun harus menurunkan berat badan, karena akan turun dikelas -80 kg.

“Jadi motivasi tinggi bagi saya, karena saya harus turun kelas di -80 kg. Karenanya di sisa waktu yang ada ini, saya harus giat berlatih. Senin sampai Sabtu saya intensif latihan, Minggu baru istirahat,” ujar atlet yang mengemban tugas di Batalyon Para Rider 328 Kostrad itu.

Pria kelahiran 23 Agustus 1987 silam itu pun menilai, jika saingan terberatnya nanti adalah kontingen dari Thailand dan Vietnam. Namun Horas mengaku tak gentar untuk mengibarkan bendera Merah Putih di podium tertinggi SEA Games 2017. (B1)