Atlet Jabar Sumbang 20 Medali Asian Games 2018

BANDUNG,- Ketua KONI Jawa Barat Ahmad Saefudin menyampaikan apresiasi atas pencapaian atlet asal Jabar dalam pentas Asian Games XVIII/2018. Selain menjadi penyumbang atlet terbanyak, Jabar juga memberikan kontribusi penting melalui sumbangan medali emas, perak, maupun perunggu.
“Pencapaian atlet Jabar di Asian Games cukup signifikan, yakni 6 emas, 7 perak, dan 7 perunggu. Todal ada 20 medali dari Jabar. Kita juga menjadi penyumbang atlet terbanyak, yakni 190 atlet dari 929 atlet kontingen tim nasional,” kata Ahmad di Gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran, Kota Bandung.
Enam medali emas sumbangan atlet Jabar diraih dari cabang olah raga pencak silat (4 emas), taekwondo (1 emas), dan dayung (1 emas). Sementara itu, medali perak diraih dari cabor bulu tangkis, angkat besi, dayung, dan kano. Perunggu diraih dari cabor bulu tangkis, dayung, kano, dan sepak takraw.
Sebagai apresiasi, kata Ahmad, KONI Jabar akan memberikan bantuan beasiswa pendidikan kepada para atlet peraih medali Asian Games. Mengenai bantuan dana, kata Ahmad, pihaknya sudah menyalurkan bantuan tersebut sebelum pertandingan Asian Games dimulai.
“Kalau bonus itu sudah ada ranahnya dari pemerintah. Kami bantu beasiswa. Bantuan dana juga sebelumnya sudah disalurkan langsung kepada atlet dan pelatih,” ujar Ahmad.
Menurut dia, pencapaian atlet Jabar tersebut menjadi modal positif bagi Jabar untuk menghadapi PON XX/2020 di Papua.
“Pencapaian para atlet ini harus diapresiasi. Dan yang tidak kalah penting, ini jadi modal untuk mempertahankan gelar juara PON di Papua pada 2020,” ujarnya. (B10)