Babak Kualifikasi Porda Golf Diikuti 62 Atlet

BANDUNG,- Pegolf putri Kota Bandung Ribka Vania dan pegolf putra asal Kabupaten Bekasi Kevin Caesario Akbar, memimpin klasemen pertama pada hari pertama Babak Kualifikasi (BK) Porda XIII/2018,di lapangan golf Dago Herritage 1917, Jalan Lapangan Golf Dago Atas, Selasa (28/11/2017).
Ribka yang menjadi unggulan Kota Bandung di sektor putri, mampu menunjukan penampilan terbaiknya setelah mencetak poin 71 atau 1di atas par 70. Ribka bisa mengungguli lawannya asal Kabupaten Bekasi, Patricia W Sinolungan yang berada pada peringkat kedua setelah mencetak 78 (8 di atas par 70).
Peringkat ketiga klasemen sementara kategori tunggal putri ditempati pegolf Kota Bandung lainnya, Tania Putri Dzahabiyyah setelah menumpulkan 78 poin (8 diatas par70). Unggul dari Putri Aisyah Amani dari Kabupaten Bandung Barat dengan nilai 81 (11 di atas par 70).
Pada kategori putra, Kevin Caesario Akbar juga untuk sementara mampu mengalahkan lawan-lawannya setelah mengumpulkan poin 66 atau 4 di bawah par 70. Kevin bisa mengungguli rekan satu daerahnya yaitu Randy Arbenata M Bintang setelah meraih 69 poin (1 dibawah par 70).
Nilai tersebut sama dengan yang diraih oleh pegolf unggulan Kota Bandung yang baru saja tampil sebagai juara di Kejurnas, Naraajie Emerald Ramadhanputra yang masih tertahan pada posisi ketiga.
Perolehan poin terbaik Kevin dihasilkan setelah mencetak 5 birdie dan 1 bogey , atau lebih baik dari Randy yang meraih 5 birdie, 2 bogey, dan 1 double bogey. Sementara Naraajie hanya bisa membukukan 4 birdie, 1 bogey dan 1 double bogey.
Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Golf Indonesia (Pengprov PGI) Jawa Barat, HM. Sirod Zudin mengatakan, BK Porda ini dilaksanakan sejak tanggal 27-29 November 2017 dan diikuti 62 atlet yang terdiri 43 atlet putra dan 19 aatlet putri.
“Jumlah pengurus kabupaten dan kota yang ikut di babak kualifikasi ini ada sembilan, selain tuan rumah Kabupaten Bogor yang otomatis lolos. Jadi total jumlah pengkab dan pengkot yang ikut di Porda nanti ada 10,”katanya.
Sirod mengatakan, yang dilihat dari pelaksanaan babak kualifikasi ini adalah untuk pembinaan awal, karena mayoritas atlet yaang ikut merupakan atlet muda dimana menjadi dasar pembinaan di Porda dan PON, hingga akhir tujuan menjadi atlet nasional.
Dia menambahkan, Pengprov PGI Jabar akan terus memantau atlet-atlet yang lolos dari babak kualifikasi ini, sehingga perkembangan mereka bisa diketahui hingga saat pelaksanaan pesta olah raga terbesar di Jawa Barat tersebut.
“Saat ini di Jabar kita memiliki dua atlet yang menjadi pemain terbaik nasional dan keduanya asal Kota Bandung yaitu Ribka Vania dan Naraajie. Saya berharap dari babak kualifikasi ini bisa melahirkan atlet golf berprestasi tidak hanya untuk Jawa Barat tetapi juga untuk Indonesia,”ujarnya.
Dari 62 peserta yang ikut serta di babak kualifikasi Porda, nantinya hanya akan terjaring sekitar 50 atlet yang akan tampil di Porda. Untuk arena pertandingan sendiri saat ini belum diputuskan, karena panitia pelaksana di Kabupaten Bogor menyodorkan dua tempat yaitu di lapangan golf Jagorawi dan Palm Hill. (B2)