Banyak Berbagi Ilmu, Tantangan bagi KONI Jabar Untuk Lebih Berprestasi

BANDUNG,- KONI Jawa Barat kerap mendapatkan kunjungan dari kota/kabupaten dan provinsi lain yang ingin mengetahui ‘dapur’ pembinaan olahraga prestasi. Terutama setelah Jabar tampil sebagai juara umum pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX tahun 2016 lalu. Salah satunya dari KONI Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, pada Rabu (27/9/2017).
‎Sekretaris Umum KONI Jabar, Gianto Hartono mengakui, jika pihaknya kerap menerima kunjungan dari KONI kota/kabupaten hingga provinsi lain yang ingin mengetahui pola pembinaan olahraga prestasi di Tanah Pasundan. Kunjungan sendiri lebih banyak dilakukan oleh KONI daerah dari luar Pulau Jawa.
“Kami sangat menyambut kunjungan mereka dan berbagi terkait pola pembinaan olahraga prestasi. Ini menjadi kepercayaan dan apresiasi dari daerah lain terhadap Jabar yang dianggap sudah cukup berhasil melakukan pembinaan,” ujar Gianto saat ditemui usai menerima kunjungan KONI Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Rabu (27/9/2017).
Dalam setiap kunjungan, lanjutnya, para pengurus KONI daerah mengaku ingin mengetahui terkait pembinaan keolahragaan prestasi di Jabar. Pihaknya pun tidak enggan untuk berbagi mulai dari pembinaan atlet, bagaimana menjamin kesejahteraan atlet, hingga kekompakan dalam kepengurusan.
“Jadi kami paparkan semua terkait ‘rahasia’ kami melakukan pembinaan olahraga prestasi sehingga bisa menjadi juara di multieven olahraga PON XIX dan menjadi penyumbang atlet bagi nasional. Ini semua berkat sinergi diantara semua bidang dalam kepengurusan KONI Jabar hingga sinergi pembinaan dengan yang dilakukan KONI Kota dan Kabupaten di Jabar,” terangnya.
Gianto menambahkan, pihaknya tidak khawatir jika ‘dapur’ pembinaan olahraga prestasi di Jabar akan ditiru oleh daerah lain dan jadi pesaing saat pelaksanaan multieven. Bagi pihaknya, keberhasilan pembinaan olahraga prestasi nasional sehingga Indonesia mampu berbicara banyak di even internasional menjadi tujuan utama.
‎”Kita justru senang jika banyak KONI daerah mampu melakukan pembinaan olahraga yang baik dan mencetak atlet potensial serta berprestasi. Ini akan mendukung peningkatan prestasi olahraga nasional. Dan bagi kami, Jabar, ini‎ justru menjadi tantangan untuk bisa lebih baik ke depan dalam melakukan pembinaan olahraga serta mencetak atlet yang lebih baik dan lebih berprestasi,” tegasnya. (B3)