BK Porda Golf Diadakan Akhir Bulan Ini

BANDUNG,- Pengurus Provinsi  Persatuan Golf Indonesia (Pengprov PGI) Jawa Barat akan melaksanakan Babak Kualifikasi (BK) pekan Olah Raga Daerah (Porda) XII/2018. Rencananya kegiatan tersebut akan diadakan pada akhir bulan ini, di lapangan golf Dago Herritage 1917, Jalan Lapangan Golf Dago Atas.

“Tanggal pastinya sedang kita bahas, tetapi untuk tempat pelaksanaanya kita adakan di Kota Bandung tepatnya di lapangan golf Dago Herritage. Kenapa kita pilih lokasinya disana, karena kontur lapangannya unik, sehingga bisa mengasah kemampuan para atlet golf di daerah-daerah,”tutur Ketua Umum Pengprov PGI Jabar, HM. Sirod Zudin, Jumat (17/11/2017).

Dia menuturkan, babak kualifikasi ini akan diikuti oleh 18 pengkot dan pengkab PGI yang ada di Jawa Barat. Dipilihnya Kota Bandung juga karena selama ini, daerah tersebut menajdi salah satu daerah penyumbang atlet golf terbesar untuk Jabar.

Selain mengadakan babak kualifikasi, Pegprov PGI Jabar juga sudah menyusun regulasi Porda. Adapun untuk jumlah nomor pertandingan pada pesta olah raga multieven terbesar di Jawa Barat tersebut akan mempertandingkan sebanyak tujuh nomor.

“Untuk jumlah nomor pertandingannya sama seperti saat PON kemarin yaitu tujuh pertandingan, arena pertandingan Porda juga sudah kita siapkan antara lapangan golf Jagorawi atau Palm Hill yang berada di Bogor,”katanya.

Sirod mengatakan, dari segi persiapan menjelang Pekan Olah Raga Daerah kali inijuga tidak ada hambatan, dan bahkan semua pengurus kota dan kabupaten sangat mendukung dan sudah menyepakati regulasi yang telah disusun.

Selain menghadapi persiapan Porda, Pengprov PGI Jabar juga sudah melaksanakan beberapa agenda kejuaraan baik itu skalanya nasional maupun internasional. terakhir PGI Jabar mengadakan turneman golf Menpora Cup II yang diikuti 20 pegolf dari berbagai provinsi di Indonesia.

Sebelumnya PGI Jabar juga untuk pertamakalinya menyelenggarakan turnamen golf internasional Olympic Jabar Amateur Open International III 2017 (OJAO), yang akan diselenggarakan pada tanggal 24-27 Juli,  di Emeralda Golf Club, Tapos, Cimanggis, Kabupaten Bogor.

“Kita juga gencar mensosialisaikan olah raga golf kepada masyarakat luas. Kita ingin merubah anggapan bahwa olah raga golf itu adalah olah raga mahal, padahal pada kenyatannya tidak karena bisa diikutis emua kalangan,”ujarnya.

Sirod mengatakan, untuk mendukung langkah tersebut PGI Jabar juga telah menyedikan fasilitas secara cuma-cuma bagi para pegolf junior, yang ingin mengembangkan bakatnya di olah raga tersebut.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa olah raga golf masih kalah bersaing dibandingkan cabang olah raga lainnya. Namun, cabor ini juga memiliki sisi kelebihan lainnya karena selain itu prestasi juga para atletnya bisa mengembangkan lebih luas wawasannya di bidang entrepreneur.

Saat ini animo para atlet junior khususnya di beberapa kota dan kabupaetn yang ada di Jawa Barat, sedang menurun. Berbeda dengan beberapa tahun kebelakang dimana pembinaan atlet junior ini memiliki antusias yang sangat tinggi.

“Entah apa yang menjadi faktor menurunnya ini, tetapi kita selalu mendorong bibit-bibit atlet yang ada saat ini untuk semakin bersemangat mengasah kemampuannya. Jabar sendiri memiliki beberapa atlet golf nasional yang berprestasi seperti Narajie dan Vania,”tutur Sirod. (B2)