Cece Muharam : “Kami ingin punya padepokan silat khusus Di Jawa Barat”

BANDUNG,- Menjadi tuan ditanahnya sendiri belum maksimal dirasakan keluarga besar olahraga beladiri pencaksilat. Buktinya, masih belum memiliki gedung khusus yang lazim disebut orang orang silat adalah padepokan.
“Ini memang sangat ironi sekali. Pencaksilat adalah olahraga asli ciptaan nenek moyang bangsa Indonesia. Sudah berkembang pesat di manca negara. Barangkali tidak ada alasan kalau siapa pun akan mengenal pencaksilat,” kata Cece Muharram.
Buktinya kata Ketua Umum Ikatan Pencaksilat Seluruh Indonesia (IPSI) Kota Bandung ini, sarana latihan yang disebut padepokan silat belum dimiliki oleh keluarga besar pencaksilat itu sendiri.
“Sedih…? Jangan ditanya. Itu pasti. Kita malah banyak melihat tempat tempat latihan olahraga beladiri lain yang sangat bagus serta representatif. Bagainana dengan tempat latihan pencaksilat sendiri. Silahkan saja lakukan survey sama akang,” ucap Cece sedikit dengan nada bertanya balik pada wartawan.
Kalau ditanya Jakarta atau IPSI Pusat lanjut Cece, memang diakui sudah ada yaitu di Taman Mini Indonesia Indah. Bahkan tempat itu dijadikan basis pengembangan pencasilat dunia.
“Yang saya maksud Jawa Barat. Kapan kita memiliki padepokan silat yang bagus serta representatif.

Sudah lama saya selaku orang silat mendambakannya. Saya ingin melihat di padepokan itu suatu hari banyak anak-anak penerus silat berlatih di situ. Berlatih bersama kendati banyak aliran dan paguron,” harap Cece.
Ditanya harapannya untuk terwujudnya padepokan pencaksilat tersebut, Cece menegaskan kalau harapannya hanya tertuju pada KONI Jawa Barat dan Pemerintah Jawa Barat serta IPSI Jawa Barat.
“Harapan saya mungkin saja mewakili jutaan pesilat di Jawa Barat ini, adalah agar KONI Jawa Barat bersama Pemerintah Jawa Barat serta IPSI Jabar duduk bersama untuk membicarakannya. Kalau sudah duduk bersama, saya pikir akan muncul itikad positif untuk segera membangun padepokan silat Jawa Barat. Insya Allah itulah harapan kami,” kata Cece. (B9)