Cetak Rekor, Jabar Kembali Kawinkan Gelar Juara Kejurnas Sofbol

KENDARI,- Tim sofbol junior putra dan putri Jawa Barat mencetak rekor dengan mempertahankan gelar juara pada Kejuaraan Nasional Sofbol Junior U-18. Tampil impresif sejak awal kejuaraan, tim Jabar mengunci gelar juara setelah mengalahkan tim putri DKI Jakarta dan tim putra Sulawesi Tenggara pada laga final di Lapangan Sofbol Lakidende, Kendari,Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Minggu (30/9/2018).
“Alhamdullilah, dua kali berturut turut Jabar mengawinkan medali emas di Kejurnas Junior, belum ada Provinsi lain yang pernah melakukan ini,” ujar  Manajer Tim Sofbol Jabar untuk kejurnas U-18 2018 Dondi Aprilliandi di Bandung, Senin (1/10/2018).
Kendati tampil sebagai kampiun, gelar juara tidak diraih tim putra dan putri Jabar dengan mudah. Pada pertandingan final, tim putri harus mempertahanan gelar dengan menghadapi perlawanan sengit dari tim DKI Jakarta yang pada kejuaraan tahun lalu menempati posisi tiga.
“Putri Jabar berhadapan dengan DKI ini semacam pertandingan ‘el clasico’ sofbol, adu gengsi kedaerahan dan kota, layaknya Persib bertemu Persija. Pertandingan sangat ketat, sempat saling susul. Tapi hasil akhir alhamdulilLah tim biru kuning (Jabar) yang mengangkat trofi juara setelah menang dengan skor 5-4,” kata Dondi.
Kemenangan atas DKI Jakarta dalam laga final yang berlangsung 7 inning menjadi penutup sempurna perjalanan tim putri.
Jabar sebelumnya sempat takluk dari Papua 1-15, namun meraih rangkaian kemenangan Sulawesi Tenggara 17-2,  Papua Barat 7-1, DKI Jakarta 10-3, Lampung 16-5, Jawa Timur 6-1, dan Banten 15-5.
Berbeda dengan final putri, laga pada final putra tidak berlangsung begitu ketat. Tim putra Jabar berhadapan dengan tim tuan rumah Sulawesi Tenggara yang merupakan kekuatan baru cabor sofbol putra dengan pencapaian apik pada PON di Jawa Barat dan Kejurnas senior 2018 di Yogyakarta.
“Namun alhamdulillah tim putra sofbol junior Jabar tidak gentar dengan segala cerita dan kekuatan mereka. Terbukti di penyisihan tim Jabar mengalahkan Sultra dengan skor ketat 9-8 dan di final Jabar meluluhlantakkan kekuatan Sulawesi Tenggara dengan skor telak 10-3,” kata Dondi.
Kemenangan di laga final menjadi penutup manis perjalanan tim putra yang pada laga sebelumnya mengalahkan Papua 11-1, Sultra 9-8, Papua Barat 21-1, DKI 9-4, Riau 5-1, Lampung 3-0. Satu-satunya kekalahan tim putra diderita dari laga kontra Banten dengan skor tipis 6-7.
Pada kejurnas 2018 ini, Jabar memboyong  17 atlet putra dan 16 atlet putri. Para pemain dari kejurnas Junior ini, kata Dondi, akan dipantau terus kemajuan nya untuk menjadi pemain PON Papua.
“Namun, tulang punggung untuk tim PON di Papua nanti adalah, kakak-kakak mereka lebih dahulu mengawinkan medali emas di Kejurnas Makassar tahun lalu,” ujarnya.
Gelar ganda Kejurnas 2018 melanjutkan catatan impresif tim sofbol putra putri junior Jabar. Seperti diketahui, tim sofbol putra dan putri Jawa Barat sukses mengawinkan gelar juara pada Kejuaraan Nasional Sofbol U-19 yang digelar di Makassar, Sulawesi Selatan pada 2017. Saat itu Jabar merajai kejurnas setelah mengalahkan tim putra Lampung dan tim putri Papua pada laga final. (B2)