Ciamis Targetkan Tempati 15 Besar Porda

CIAMIS,- Kabupaten Ciamis membidik target menempati peringkat 15 Besar di Pekan Olah Raga Daerah (Porda) XIII/2018 Kabupaten Bogor yang akan berlangsung pada bulan Oktober mendatang. Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum KONI Ciamis, Yasmin Sambas, Kamis ( 8/2/2018).

“Dengan segala keterbatasan, kami hanya mengirim atlet yang benar-benar mampu mendulang medali. Hanya mengirim atlet olah raga yang menjadi unggulan dan terukur, sesuai kemampuan cabang olahraga. Masuk 15 besar,” tutur Yasmin usai meresmikan gedung KONI Ciamis.

Yasmin mengatakan, dari 30 cabang olah raga yang diikuti saat babak kualifikasi, hanya 21 cabor yang menyumbang medali dinyatakan lolos. Selanjutnya atlet dari 21 cabang olah raga tersebut akan di kirim ke Porda.

Beberapa cabor yang akan dikirim ke Porda adalah diantaranya adalah balap sepeda, wushu, muay thai, selam, PABBSI, silat, dan beberapa lainnya. Sementara sepak bola dan hoki tidak diikuti  dengan alasan kecil kemungkinan menyumbang medali.

“Mudah-mudahan prestasi Ciamis terus menanjak hingga memenuhi target, masuk 15 besar. Kami tidak berharap kejadian Porda lalu tidak terulang, Ciamis meenduduki posisi bawah,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Ciamis Iing Syam Arifin juga optimis kontingen atlet Ciamis mampu memberikan prestasi terbaiknya. Dia juga menyatakan agar pengalaman Porda yang lalu di Bekasi tidak kembali terulang.

“Sejarah pahit Porda di Bekasi jangan sampai terulang. Salah satu cabang olah raga didholimi. Saya mengambil keutusan seluruh atlet balap sepeda pulang, menarik diri, meski seluruh atlet menangis,” tutur Iing yang juga Ketua ISSI Ciamis Iing Syam Arifin.

Terpisah Kepala Bidang Organisasi Koni Jabar Dede Iman Nurgana, mengaku dengan target Ciamis hanya masuk 15 besar pada Porda 2018. Alasanya banyak atlet berprestasi di tatar galuh  Ciamis. Selain itu juga ditunjang kelengkapan sarana dan prasarana olah raga. “Saya tergelitik  target hanya 15 besar, mestinya 10 besar,” ujarnya.

Dia juga mengatakan Porda XIII yang berlangsung di Kabupaten Bogor merupakan yang terbesar, karena memertandingkan 54 cabang olah raga. Selain Bogor, beberapa cabang olah raga dilaksankan di wilayah Cimahi dan  Kota Bandung.

“Porda kali ini adalah yang terbesar, ada 54 cabang olah raga. Ada beberapa cabang baru yang dipertandingkan seperti muay thai, pentang (pentaque), termasuk arung jeram. Kami berharap Porda XIII berjalan lancar, serta tetap mengedepankan sikap fairplay,” tutur Dede. (B2)