Cucu Sutara Mengemban Amanah

BANDUNG,- Ditengah-tengah keseibukannya sabagai seorang pengusaha, tidak membuat Cucu Sutara (48) lupa akan hobi olah raga menembak yang sudah digelutinya sejak lama. Bahkan pria yang menjabat sebagai ketua Asosiasi Pengusaha Garam Indonesia (APGI) Jawa Barat ini pun, masuk kedalam jajaran pengurus Pengprov Perbakin Jabar sabagi sekertaris umum.

Bagi Cucu olah raga menembak ini selain sebagi penghilang stress, juga membuat dirinya dapat selalu fokus. “Hobi olah raga menembak ini sudah sejak lama, awalnya ikut dengan teman-teman dan keterusan sampai sekarang,”katanya.

Dari olah raga yang satu in, Cucu pun akhirnya terpilih untuk menjabat sebagai sekertaris umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) Jabar. Bahkan saat PON XIX/2016 kemarin, diapun ditunjuk sebagai komandan kontingen tim menembak Jabar.

Tidak tanggung-tanggung, hasil yang diraih oleh tim menembak jabar pada pesta olah raga multieven empat tahunan tersebut pun sangat luar biasa, setelah untuk pertamakalinya mampu tampil sebagai juara umum dengan raihan medali 13 medali emas, 5 medali perak, dan 6 medali perunggu.

Ini merupakan sejarah, karena menembak Jabar mampu unggul dari pesaing-pesaing kuatnya selama ini seperti Jawa Timur, DKI Jakarta, Riau, Bali, Jawa Tengah, Bali dan Kalimantan Selatan.

“Peningkatan yang diraih sangat pesat sekali yaitu 130 persen dibandingkan saat di PON Riau lalu. Hasil ini sangat menggembirakan, karena pembinaan yang dilakukan oleh Perbakin Jabar selama ini sangat terasa hasilnya, semoga prestasi ini bisa kita pertahankan di PON Papua 2020 nanti,”katanya.

Jabatan sekertaris umum ini merupakan sebuah amanah sekaligus tugas yang harus dijalaninya dengan sepenuh hati. Bahkan Cucu bertekad untuk bisa mendongkrak kejayaan prestasi cabang olah raga menembak Jawa Barat.“Sebagai seorang atlet menembak kita dididik sejak awal untuk memiliki jiwa pemberani dan tangguh, termasuk dilatih berjiwa besar untuk menjadi juara,”tuturnya.

Banyak sudka dan duka selama ia menjabat sebagai sekertaris umu Perbakin, salah satu kenangan yang tidak akan dia lupakan adalah menepati nazar memotong rambut ketika tim menmebak Jabar menjadi juara umum PON.

“Sebelumnya saya sudah bernazar (janji), jika berhasil membawa tim menembak juara umum maka saya akan mencukur rambut sampai gundul. Ternyata nazar saya dijawab dan menembak Jabar bisa menjadi juara umum bahkan perolehan medali emasnya melebihi target awal,”katanya.

Cucu berharap apa yang telah diraih oleh para atletnya selama ini dapat dipertahankan. Tidak hanya membawa nama harum Jawa Barat ditingkat regional atau nasional saja, tetapi juga tingkat internasional dengan meraih pretsasi di SEA Games, Asian Games, bahkan Olimpiade. (B2)