Fix, Sofbol Digelar di Porda, Bisbol Absen

BANDUNG,- Setelah sempat diragukan untuk dipertandingkan, cabang olah raga sofbol akhirnya dipastikan bakal ambil bagian pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII/2018 di Kabupaten Bogor.  Namun, Porda juga dipastikan tetap tidak akan menggelar pertandingan cabang olah raga bisbol.
Kepastian sofbol sebagai cabor peserta Porda didapatkan setelah Ketua Umum Pengurus Daerah Perserikatan Baseball dan Softball Amatir Seluruh Indonesia (Perbasasi) Jawa Barat Fachrudin bersama jajaran pengurus bertemu Ketua Panitia Besar Porda XIII/2018 yang juga Bupati Bogor Hj. Nurhayanti.
“Sofbol fix digelar di Porda. Sudah ada pertemuan dan kesepakataan dengan Ketua PB Porda. Kalau KONI Jabar sejak awal sudah setuju. Saat ini tinggal pembicaraan masalah teknis saja,” ujar Ketua Umum Pengda Perbasasi Jabar Fachrudin di Bandung, Minggu (11/3/2018).
Dia mengatakan, dalam pertemuan Perbasasi Jabar dengan Ketua PB Porda tersebut disepakati, sofbol akan digelar dengan kemungkinan tiga venue, yakni di Dramaga IPB, di Pakansari, dan di Sentul jika diperlukan. Adapun nomor yang dipertandingkan adalah nomor putra dan putri.
“Jadi kemungkinan besar sofbol digelar di 2 atau 3 lapangan dengan mempertandingkan dua nomor,” ujarnya
Dia melanjutkan, sofbol akan digelar pada Porda dengan pemberlakuan pembatasan usia. Atlet yang diperbolehkan berlaga pada cabor sofbol Porda adalah yang berusia maksimal 21 tahun atau kelahiran tahun 1997 ditambah tiga atlet berusia maksimal 25 tahun atau kelahiran 1993.
Perbasasi Jawa Barat menaungi 10 pengcab. Namun belum dapat dipastikan jumlah pengcab yang akan turut serta pada Porda.
“Minimal diikuti lima pengcab dan maksimal 8 pengcab tim putra putri,” ujar Fachrudin.
Sementara sofbol pasti dipertandingkan,  untuk cabang olah raga bisbol justru sudah bisa dipastikan tidak akan digelar pada Porda XIII. Menurut dia, salah satu alasan bisbol tidak dipertandingkan adalah karena pembinaan yang belum begitu merata di daerah-daerah dan ketidaksiapan venue. Sebagai pengganti atas keabsenan di Porda, akan digelar kejuaraan daerah untuk cabor bisbol. Kejurda tersebut akan difasilitasi Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat melalui perhelatan Piala Gubernur. (B4)