FORKI Jabar Siapkan Tiga Lapis Atlet Untuk PON 2020

BANDUNG,- Federasi Olahraga Karate- Do Indonesia (FORKI) Jawa Barat mengeluarkan kebijakan membentuk tim karate dengan mengambil empat orang atlet untuk setiap kelasnya dalam rangka persiapan menuju perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 di Papua.

Kepala bidang pembinaan prestasi (Binpres) FORKI Jabar, Arif Hardiana menuturkan jika saat ini Jabar memiliki banyak stok atlet hasil dari pembinaan dojo, perguruan dan juga pengcab.

“Kami akan membentuk tim dimana perkelasnya terdiri dari empat orang. Supaya di dalamnya nanti terjadi kompetisi. Berbeda dengan pelatda sebelumnya, kami tidak bias memilih karena stok atlet terbatas. Sehingga kami terus menggali untuk kaderisasi atlet. Dan Alhamdulillah tahun sekarang hasil dari pembinaan setiap perguruan, dojo, serta pengcab kita mempunyai stok pemain luar biasa,” kata Arif di SPOrT Jabar, Arcamanik, Bandung.

Guna mempertahankan gelar juara umum pada multi event empat tahunan yang sudah diraih tim karate Jabar pada PON XIX/2016 lalu, Arif pun sudah menyiapkan langkah strategis dengan membentuk tiga lapis atlet.

Lapis pertama, kata dia, yaitu atlet yang saat ini tergabung dalam Pelatnas Asian Games 2018 dan tercatat sebanyak empat atlet. Kemudian lapis kedua merupakan atlet hasil dari kejuaraan tingkat nasional. Jumlahnya sekitar 8-10 atlet. Dan lapis ketiga adalah atlet yang lahir dari kejuaraan sirkuit karate Jabar.

“Keberhasilan dari sebuah oraganisasi olahraga adalah ketika berhasil menurunkan banyak potensi atlet untuk bias tampil di tingkat nasional. Ini adalah barometer pembentukan tim karate Jabar untuk PON 2020 mendatang. Kami ingin mengulang keberhasilan yang sudah diraih saat Jabar jadi tuan rumah,” tegasnya. (B8)