Futsal Kota Bandung Belum Tetapkan Target Tim Putri

BANDUNG,- Meski belum berani menetapkan target, Asosiasi Futsal Kota Bandung berharap tim putri bisa menyandingkan gelar juara di Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII 2018. Optimisme pin muncul saat sejumlah pemain liga professional ikut serta dalam seleksi tim bayangan beberapa waktu lalu.
Ketua Asosiasi Futsal Kota Bandung, Oce Permana mengatakan, pihaknya telah menggelar seleksi tim bayangan pada 18-19 Juni 2017 lalu. “Sekitat 53 atlet turut serta dalam seleksi tersebut,” katanya, Rabu (21/6/2017).
Oce menambahkan, para peserta berasal dari klub anggota Askot PSSI Kota Bandung dan umun. Beberapa di antara mereka bahkan merupakan pemain klub liga futsal profesional.
Menurut Oce, peserta seleksi dibatasi hingga kelahiran 1996. Hal itu sesuai dengan batasan usia yang diterapkan Asosiasi Futsal Provinsi Jabar.
Padahal, kata Oce, Kota Bandung sebenarnya sudah memiliki tim berisi pemain papan atas nasional. Sayang mereka rata-rata merupakan kelahiran 1994-1995.
Dengan kondisi sepert itu, Oce pun belum berani menargetkan prestasi futsal putri di Porda XIII. Soalnya peta persaingan masih dinamis dan belum terbaca.
Meskipun demikian, Oce berharap futsal putri bisa berprestasi sebaik tim putra. Seperti diketahui, futsal putra Kota Bandung pada 2018 nanti memiliki target merebut kembali gelar juara yang sempat hilang di Kabupaten Bekasi 2014.
Sementara itu, pelatih tim futsal putri Kota Bandung Asep Sumpena mengatakan, seleksi akan dilakukan dua tahap. “Tahap pertama kami menilai kemampuan teknis individu dan memilih 30 orang terbaik,” ujarnya.
Setelah itu, kata Asep, seleksi akan dilanjutkan dengan penilaian beberapa faktor lain sampai mendapatkan tim bayangan berkekuatan 20 pemain. Tim itu akan dipertahankan sampai babak kualifikasi yang rencananya digelar pada Oktober 2017.
Menurut Asep, sejauh ini ia sudah melihat ada 6 hingga 7 pemain liga professional yang skill nya di atas rata-rata. Kemungkinan besar mereka akan masuk tim bayangan.
Di sisi lain, Asep juga tak menampik jika ada peserta seleksi yang merupakan muka baru. Namun mereka juga memiliki skill yang tak kalah baik. (B8)