Hadapi Putaran final, Tim Porda Kota Bandung Bidik Febri Hingga Duet Zola-Beckham 

BANDUNG, – Sukses menyapu bersih pertandingan babak kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat XIII, tim sepak bola Kota Bandung siap menambah kekuatan skuadnya untuk menghadapi putaran final. Pemain-pemain akademi Persib Bandung dari skuad junior hingga anggota tim senior Maung Bandung dibidik untuk memperkuat tim agar bisa merealisasikan misi juara.
“Hasil BK memang memuaskan, kita bisa pukul habis lawan, menang semua. Tapi evaluasi tetap dilakukan untuk menghadapi kompetisi sebenarnya, putaran final Porda. Salah satu evaluasi adalah perubahan komposisi pemain,” kata Manajer tim sepak bola Kota Bandung untuk Porda Jabar Dicky Wijaya di Sekretariat KONI Kota Bandung, Kamis (1/2//2018).
Dia mengatakan, perubahan komposisi pemain tim sepak bola Kota Bandung untuk Porda nanti bisa mencapai 30 persen. Kuota enam pemain muda profesional akan dimanfaatkan. Untuk menambah kekuatan, para pemain dari klub-klub profesional, terutama Persib Bandung, akan ditarik masuk tim.
“Komposisi pastinya akan berbeda antara tim BK dan putaran final, harus lebih kuat nanti. Perubahan akan meliputi pemain amatir maupun profesional, asalkan di bawah usia 23 tahun. Kami akan segera berkoordinasi dengan beberapa pemain profesional di klub dan tentunya pihak klub mereka. Febri Hariyadi, Gian Zola, Puja Abdilah (Persib senior) atau Beckham Putra (Persib U-19) akan kami upayakan agar memperkuat tim Kota Bandung pada putaran final Porda Bogor,” ujar Dicky.
Dikatakan Dicky, Porda idealnya menjadi prioritas insan sepak bola Kota Bandung saat ini. Apalagi, meskipun hanya memperebutkan satu medali emas, gelar juara sepak bola punya prestise sangat tinggi. Oleh karena itu, dia berharap berbagai elemen termasuk klub dapat memberikan kontribusi untuk mendukung merekalisasikan misi tim Kota Bandung menjadi juara.
“Kami juga sadar, para pemain profesional menjalani jadwal padat kompetisi. Apalagi seperti Febri yang juga masuk timnas Asian Games. Namun jika memungkinkan, kami mengharapkan kontribusi para pemain muda terbaik, termasuk yang ada di Persib supaya kita bisa meraih gelar juara,” ujar Dicky.
Dia mengatakan, Kota Bandung harus mempersiapkan diri secara maksimal dengan sumber daya pemain terbaiknya. Menurut Dicky, persaingan menuju raihan gelar juara Porda tidak akan mudah.
“Kompetitor juga membenahi diri dan semakin kuat. Tuan rumah (Kabupaten Bogor), Kabupaten Bandung, dan juara bertahan Kabupaten Bekasi akan menjadi pesaing terkuat dalam perebutan gelar juara,” kata Dicky.
Dia mengatakan, persiapan intensif akan digelar pada bulan Maret mendatang dengan pelaksanaan pemusatan latihan. Dicky berharap, PSSI Kota Bandung dan KONI Kota Bandung juga bisa menyediakan kebutuhan sarana prasarana hingga pendanaan yang memadai agar persiapan berjalan maksimal dan tim tampil optimal pada Porda nanti.
“Segala faktor, baik teknis maupun nonteknis harus dipersiapkan. Namun fokus yang terpenting adalah bagaimana supaya tim bisa benar-benar tampil dengan performa terbaik. Kalau main sudah bagus, tentu publik akan bisa menilai jika sampai terjadi kecurangan-kecurangan,” ujar Dicky. (B4)