Ikasi Jabar Optimistis 5 Atlet Asal Jabar Sumbang Medali di Asian Games

BANDUNG,- Pengurus Provinsi Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Jawa Barat bangga bisa menyumbangkan sebanyak lima atlet untuk bisa berjuang bersama Indonesia di Asian Games 2018.  Bahkan mereka optimistis kelima atlet andalannya itu bisa meraih medali.
“Kami bangga karena Jabar menjadi salah satu daerah penyumbang atlet terbanyak untuk tim nasional anggar Asian Games.
Namun bukan hanya kuantitas, kami optimistis dari lima atlet tersebut akan hadir medali untuk Indonesia,” ujar Ketua Umum Pengprov Ikasi Jawa Barat Asyanti Rozana Thalib.
Jabar menyumbangkan lima atlet dari total 24 atlet anggota tim nasional anggar Indonesia. Kelima atlet tersebut adalah Derry Renanda Siahaan dengan senjata degen putra, Denis Ariyadinata untuk senjata floret putra, Muhamad Nizar pada senjata sabel putra, Ihsan Solihin untuk senjata floret putra, dan Leoda Winona senjata floret putri.
“Kualitas mereka sudah terbukti dengan raihan medali pada PON 2016. Mereka juga berhasil melewati seleksi ketat untuk menjadi bagian tim nasional. Kami yakin mereka akan bisa bersaing dengan atlet-atlet anggar negara lain, minimal masuk 3 atau 5 besar,” katanya.
Pertandingan cabang olah raga Asian Games 2018 akan digelar di arena Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta 19-24 Agustus mendatang. Asyanti berharap, masyarakat bisa mendukung langsung para atlet saat bertandung. Bahkan, kata Asyanti, Ikasi Jabar siap untuk menyediakan transportasi, akomodasi, hingga tiket nonton gratis untuk mereka yang hendak mendukung langsung aksi atlet anggar Jawa Barat pada pertandingan krusial Asian Games XVIII di venue anggar kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno.
“Jadi ketika jadwal atlet anggar Jabar bermain pada fase penentuan, babak gugur atau mudah-mudahan final misalnya, kami dari Ikasi Jabar akan mengoordinasi mereka yang mau mendukung langsung ke Jakarta. Kami sediakan transport, penginapan, dan tiket nonton cuma-cuma,” tuturnya.
Meski jumlahnya terbatas, lanjut Asyanti, menggratiskan biaya nonton langsung pertandingan anggar ke Jakarta menjadi salah satu bentuk dukungan kepada para atlet Asian Games, khususnya untuk lima atlet anggar Jabar. Apalagi, kata dia, menonton dan memberikan semangat langsung atlet Indonesia pada ajang Asian Games di negeri sendiri adalah kesempatan langka yang belum tentu terulang dalam 50 tahun ke depan.
“Dengan dukungan langsung, kita harap mereka bisa tampil lebih bersemangat, lebih termotivasi sehingga mampu meraih medali,” pungkasnya.(B10)