Ini Saran Binpres KONI Jabar Untuk Aceh

BANDUNG,- Ketua Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat, Yunyun Yudiana menyarankan kepada Provinsi Aceh yang tengah berjuang untuk maju dalam bidding tuan rumah pekan olahraga nasional (PON) XXI/2024 bersama Sumatera Utara untuk memanfaatkan fasilitas kampus pada penyelenggaraan multi event empat tahunan tingkat nasional tersebut.
Hal itu disampaikan menyusul silaturahmi yang dilakukan KONI dan Dispora Provinsi Aceh ke KONI Jabar dalam rangka menggalang dukungan beberapa waktu lalu.
Yunyun yang juga merupakan akademisi dari Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ini mengatakan jika Aceh dinilai sudah siap menyelenggarakan PON.
“Aceh ini memiliki ciri khas. Pembinaan prestasi di sana sudah siap. Kemudian fasilitas kampus juga sudah bagus. Sudah ada fakultas olahraganya juga. Jadi ini yang harus dimanfaatkan betul oleh Aceh dengan merangkul kampus untuk penyelenggaraan PON nanti,” ujar Yunyun.
Menurutnya, keberhasilan Jabar saat menyelenggarakan PON XIX/2016 lalu juga tidak terlepas dari peran kampus. Selain memanfaatkan fasilitas kampus, sumber daya dari kampus, pembangunan gedung olahraga juga ditempatkan di kampus-kampus di Jabar.
“Di Jabar mayoritas pembangunan venue PON itu di kampus. Kenapa demikian, karena tujuannya adalah pemeliharaan serta aksestabilitas kegunaan venue setelah PON usai. Ini akan mendorong pembinaan olahraga. Saya yakin Aceh juga sudah mulai bisa merangkul kampus-kampus yang ada,” katanya.
Selain itu, dukungan masyarakat Aceh juga akan menjadi penguat untuk keberhasilan penyelenggaraan pesta olahraga tersebut. Tinggal dilakukan sosialisasi supaya informasi Aceh akan menjadi tuan rumah PON bisa sampai kepada masayarakat.
“Selain kampus, Saya lihat fasilitas untuk medis, penginapan di sana sudah memadai. Tinggal berbenah dan lakukan sosialisasi kepada masyarakat sebagai penguatan. Jangan sampai geliat dan semangat untuk menjadi tuan rumah PON tidak sampai kepada masayrakatnya,”tandasnya. (B5)