Jabar Berambisi Goyang Dominasi DKI

BANDUNG,- Sebanyak 182 mahasiswa memperkuat tim Jawa Barat untuk Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XV 2017 yang digelar di Sulawesi Selatan Sabtu (14/10/2017) sampai Sabtu (21/10/2017). Jawa Barat mematok target untuk menggoyang dominasi DKI Jakarta dengan merebut gelar juara umum pada kejuaraan tahunan tersebut.
Keberangkatan kontingen POMNas Jawa Barat dilepas langsung oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Jawa Barat Ahmad Saefudin di Gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran, Rabu (11/10/2017). Ahmad menegaskan, para atlet POMNas ini merupakan bagian dari pemetaan prestasi Jawa Barat pada PON XX/2020 di Papua.
“Mereka diberangkatkan atas nama Jawa Barat dan tentunya menjadi bagian pemetaan prestasi KONI Jabar untuk PON. Saya berharap para atlet bisa bertanding maksimal dan fokus dengan pertandingan. Untuk urusan dukungan dana atau hal lain di luar lapangan, urusan kami. Tugas atlet itu bertanding, menang, dan laporkan kemenangan itu,” ujar Ahmad Saefudin.
Pada POMNas sebelumnya yang berlangsung di Aceh, Jabar mentok di peringkat dua, di bawah DKI Jakarta. Ahmad berharap, pencapaian Jabar pada POMNas kali ini bisa lebih baik mengingat banyak atlet merupakan eks PON dan sudah berpengalaman menjalani pemusatan latihan nasional.
“Pada edisi sebelumnya hanya runner up karena ada dinamika, ada atlet andalan yang tidak ikut karena menjalani Pelatnas. Tapi sekarang, kondisinya berbeda dan kami harap pencapaian juga harus berbeda. Semangat dan tradisi Jabar Kahiji, Jabar yang lebih baik dan terbaik harus bisa dipertahankan,” kata Ahmad.
POMNas 2017 akan mempertandingkan 14 cabang olah raga, yakni atletik, renang, bola basket , bola voli Indoor, bulutangkis, catur, futsal, karate, kempo, pencak silat , petanque, sepak takraw, tarung derajat, dan tenis lapangan. Ke-14 cabor itu menyediakan total 174 nomor alias medali emas yang diperebutkan. Selain itu terdapat dua cabor eksebisi yakni selam (8 nomor) dan gateball (3 nomor).
Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) Jawa Barat Muhammad Solehuddin mengatakan, Jawa Barat akan turun pada 12 nomor plus satu nomor eksebisi, yakni selam. Dia mengatakan, Jawa Barat optimistis bisa memperbaiki prestasi mengingat kali ini kontingen diperkuat oleh 47 atlet eks Pekan Olahrga Nasional tahun lalu.
Adapun cabor-cabor potensial untuk dikuasai atlet Jabar di antaranya kempo, silat, catur, renang, petanque, bulutangkis, futsal, dan tarung derajat.
“Tim petanque Jabar baru saja juara di Kejurnas, sementara bulu tangkir rutin menyumbang 2 sampai 3 emas dari 4 nomor yang dipertandingkan. Banyak cabor lain juga sangat potensial. jadi, kami optimistis bisa meraih prestasi tertinggi,” ujarnya. (B4)